Berlangganan

Resep Pempek Dos (Tanpa Ikan)



Sedang pingin buat pempek yang simple dan rasanya jangan ditanya.. Enakkkk banget, mantaappp. walau tanpa ikan tapi ini tetap gurihhhh banget lho. Langsung ludess Cuss coba resepnya bunda Dian Nurindah. Di jamin deh gk kalah sama pempek yang dari asalnya.

Bahan-bahan

Bahan biang :

  • 125 gram tepung terigu
  • 250 ml air
  • 1 sachet masako ayam (boleh diganti garam + merica)
  • Bahan Pempek :
  • 200 gram tepung tapioka/kanji
  • 6 siung bawang putih dihaluskan
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt gula pasir

Bahan isian pempek:

  • 2 butir telur (beri sedikit garam lalu kocok lepas)
  • Bahan Kuah Cuko :
  • 500 ml air
  • 200 gram gula merah
  • Sejumput garam
  • secukupnya air asam jawa/cuka
  • 3 buah cabe rawit haluskan (jika mau pedas)

Langkah - langkah :

1. Campur semua bahan biang, masak diatas api sedang sambil diaduk sampai mengental. Angkat (adonan kental banget)


2. Siapkan baskom besar, tuang bahan biang. Masukkan semua bahan pempek. Aduk rata sampai tidak lengket dan bisa dibentuk.


3. Siapkan tepung tambahan (untuk lumuri tangan supaya tidak lengket). Panaskan air untuk merebus pempek, beri 1 sdm minyak goreng dan sedikit garam (biar ga hambar). Tunggu sampe mendidih.


4. TUTORIAL PEMPEK KAPAL SELAM: ambil segumpal adonan lalu bulatkan. Buat lubang/sumur ditengahnya. Lalu tuang telur kocok secukupnya (jangan penuh penuh nanti luber) lalu tutup dengan merekatkan ujung - ujungnya lalu ketengah.


5. Rebus pempek di air mendidih sampai mengapung dan matang (jangan langsung angkat ketika sudah mengapung, takutnya belum mateng) biarin aja 10-15 menit direbus.


6. Nih yang udah mateng.. Sebagian dibikin pempek lenjer karena udah nyerah bikin kapal selam susah ternyata😂 abaikan bentuk pempeknya yang ala kadarnya hahaha


7. BUAT KUAH CUKO: siapkan panci, masukkan gula merah, bawang putih, garam, dan cabe rawit. Rebus sampai gula larut dan mendidih. Masukkan air asam jawa/cuka, sesuaikan tingkat asam sesuai selera yaa. Angkat lalu saring deh. Bisa buat stok ya ini.. Tinggal masuk kulkas. Kuah cukonya masukin ke botol kaca/tuppy yang ada tutupnya ya. Tinggal goreng dan sajikan kapanpun mau makan


8. Goreng pempek.. Pake api cenderung besar aja gpp kan pempeknya dah mateng


9. Sajikan dengan kuah cuko dan acar timun ahh cucok bangetttt


10.Walau tanpa ikan ini udah termasuk enakkk lho gurihh bangettt percayalah musti coba


11. TIPS: bikin kapal selam lebih gampang kalau dah dibikin lubang , tutup dulu pinggir nya baru tuang telurnya.. Trus rekatkan semuanya sampe nutup. Langsung rebus ya biar gk bocor kalau nunggu lama. Jadi bentuk-rebus-bentuk-rebus seterusnya.


Jangan lupa share resep nya ke teman saudara tetangga bunda. Selamat mencoba.

Sumber