Berlangganan

Resep Pecel Terong Kukus. Lebih Sehat Tanpa Digoreng



Terong emang termasuk sayur yang bisa dimasak lumayan banyak menu, selain disayur, ditumis, di goreng, nyatanya terong bisa juga di buat jadi olahan pecel. Menu ini cukup sederhana, simpel dan praktis banget tapi untuk menikmatinya bisa bikin nasinya nambah-nambah. Hehehe...

Sebenarnya sih Pecel terong ini bisa ditemukan di warung makan atau pedagang kaki lima, kalo membelinya bisa dengan harga yang berbeda-beda. Tapi, untuk lebih menghemat alangkah baiknya bila membuatnya sendiri di rumah. Resep moms Indry Hapsari ini emang jempolan banget, patut diperhitungkan untuk jadi deretan menu andalan di rumah ya moms. Tingkat kepedasan bisa di atur sesuai selera, cara memasaknya ngga pake ribet, ngga pake waktu lama, pokoknya praktis banget. Pas banget kalo kebetulan lagi ngga punya banyak waktu mesti heboh di dapur.

Menu ini bisa jadi salah satu menu pilihan untuk teman makan siang ato pun makan malam. Pecel terong ini masuk dalam deretan hidangan yang sangat khas, cita rasanya tentunya enak banget dan menggoda. Rempah dan bumbu khas yang digunakannya membuat cita rasa dari olahan pecel terong ini semakin spesial dan istimewa.

Nah, penasaran kayak gimana cara membuatnya? Yuk langsung simak aja resep dan cara membuat pecel terong berikut

Bahan - bahan :

  • 2 buah terong ungu, uk. sedang belah 2
  • Secukupnya air matang
  • Secukupnya minyak sayur

Bumbu yang dihaluskan :

  • 1 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah besar (saya 3 cabai merah keriting)
  • 4 buah cabai rawit (saya 10 buah rawit merah)
  • 1/2 sdt terasi, bakar
  • 3 buah kemiri, sangrai/goreng
  • Secukupnya garam halus
  • 1 sdt gula merah

Langkah - langkah :

1. Kukus terong sampai matang, angkat, sisihkan


2. Tumis bumbu menggunakan minyak sayur sampai harum, kecuali kemiri sangrai/goreng, garam dan gula merah.


3. Angkat, masukan kemiri sangrai/goreng, beri gula merah dan garam, haluskan. Kemudkan beri secukupnya air matang, aduk rata, jangan terlalu encer ya. Tes rasa


4. Siram diatas terong yang sebelumnya sudah dikukus.Simple tapi enaaak bangeet


Pecel Terong siap dinikmati! Bisa langsung menyantap pecel terong ini selagi hangat agar lebih nikmat. Tambahkan juga sambal agar terasa lebih segar. Mantaappp dan rasanya nampol banget!

Happy cooking. Jangan lupa share ke saudara dan kerabat yang lain ya moms. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama

Sumber