Berlangganan

Resep Otak-Otak Goreng Rasa Ikan. Nikmat Tiada Tara 😍😍



Makanan yang terbuat dari ikan memang sering dipilih untuk dinikmati. Soalnya sudah pasti sih Bun, rasanya yang enak dan bikin nagih. Nah, salah satu makanan yang terbuat dari bahan ikan dan jadi makanan tradisional di Indonesia adalah otak-otak, Bunda. Mungkin beberapa dari Bunda ada yang belum pernah denger nama otak-otak. Makanan ini dibuat dari daging tengiri cincang yang dibungkus sama daun pisang, terus dipanggang dan sajikan.

Karena perkembangan jaman, sekarang ada juga otak-otak goreng yang banyak dicari dan enggak kalah populernya loh Bunda. Makanan ini asalnya dari Kepulauan Riau, Selat Malaka, bahkan sampai di Negara Malaysia dan Singapura, Bunda. Bangga kan kuliner Nusantara sudah tembus di negara tetangga? Resep otak-otak goreng bisa jadi salah satu menu yang disukai oleh keluarga.

Makanan otak-otak memiliki rasa yang enggak ada duanya, cocok banget dibuat ketika lagi ngumpul sama keluarga nih Bunda. Bukan cuma itu, tapi juga cocok kok dikasih buat oleh-oleh. Otak-otak goreng jadi makanan yang akan disukai sama anak-anak. Nilai gizinya juga tinggi, soalnya dibuat dari daging ikan tengiri. Daripada beli jajan yang enggak sehat, mending makan otak-otak goreng. Resep otak – otak goreng udah mulai banyak dipakai para pedagang, karena makanan yang jarang ditemui dan rasanya yang enak.

Tapi Bunda enggak perlu beli, soalnya bisa juga coba bikin sendiri di rumah. Kalo Bunda bisa bikin sendiri pasti lebih irit dan masaknya bisa sesuai selera keluarga. Apalagi kalo masakan Bunda enak, bisa jadi peluang usaha buat jualan otak – otak goreng. Berikut ini ada bahan sama langkah buat bikin resep otak-otak goreng sendiri di rumah.

Bahan-bahan

  • 200 gr ikan yg sudah dihaluskan
  • 1 btr telur
  • 3 siung bawang putih dihaluskan
  • 4 btr bawang merah dihaluskan (sy iris sebagian)
  • 1 btg daun bawang diiris halus
  • 80 gr sagu tani /tapioka (boleh tambah dikit kalo lengket)
  • secukupnya garam, gula dan merica

Langkah Membuat

1. Campur ikan dg bawang, daun bawang, telur, garam, gula, merica aduk rata.


2. Tambahkan sagu. Aduk rata dg sendok kayu.


3. Adonan otak2. Siap dibentuk. Balur tangan dg sagu spy tidak lengket saat membentuk otak2.


4. Ambil sedikit adonan, letakkan di telapak tangan gulung sampai ujungnya meruncing.


5. Rebus adonan otak2 di air mendidih sampai matang. Tanda matang otak2 akan mengapung. Angkat otak2.


6. Masukkan otak2 ke dalam wadah berisi air es. Tujuannya menghentikan proses masak spy otak2 kenyal dan ga kelembekan.


7. Tiriskan otak2 dr air es.


8. Panaskan minyak. Goreng otak2 sampai garing kecoklatan.


9. Sajikan otak2 dg saus cabe.


Saran Penyajian

1. Letakkan di piring saji otak-otak goreng yang sudah matang.

2. Berikan saos sambal pada mangkuk kecil.

3. Otak-otak goreng sudah siap dinikmati.

Nah, itu dia bahan sama langkah buat bikin resep otak-otak goreng di rumah. Enggak susah dan praktis kan Bunda? Apalagi bahan yang dipakai juga gampang banget dicari, jadi enggak bakalan bikin ribet. Kalo bikin sendiri dengan porsi yang lebih banya, Bunda bisa menambahkan takaran bahan kok. Selamat mencoba Bunda, terimakasih.

Sumber