Berlangganan

Resep Kue Putu Ayu Sederhana. Hemat dan Super Lembut



Kalo tinggal di Indonesia, apalagi di Jawa, Bunda pasti juga udah tahu tentang kue putu yah. Kue putu sendiri adalah jenis makanan Indonesia yang berisi gula jawa sama parutan kelapa. Tapi karena perkembangan zaman, sekarang juga ada namanya putu ayu yang terbuat dari tepung terigu dengan tampilan yang cantik. Kalo dilihat dari segi penampilan, putu ayu memang beda jauh sama kue putu. Tapi enggak sedikit juga orang yang suka sama kue putu ayu, mungkin karena rasanya yang beda dan resep kue putu ayu yang sederhana bikin banyak yang suka.

Nah, Bunda udah pernah nyobain makan jajanan putu ayu belum? Sebenernya uda lama juga kok ada di Indonesia, khususnya pulau Jawa. Kue putu ayu ini bisa jadi sajian kalo Bunda punya hajatan loh. Kan lumayan enggak usah beli kue, bikin sendiri di rumah juga bisa. Selain karena rasanya yang enak dan bentuknya yang cantik, cara bikinnya yang enggak terlalu repot juga bisa jadi andalan. Buat resep kue putu ayu bahannya bisa disamain, tapi kalo bentuknya mau dibikin berbeda juga bisa kok. Kue putu ayu juga enggak bikin bosen, jadi rasanya pantas aja sekalipun dipakai buat momen apapun.

Daripada beli, ada baiknya ngirit terus bikin sendiri Bunda. Nanti siapa tahu bisa jadi bisnis terus menghasilkan pemasukan yang lumayan. Pertama, Bunda bisa nyoba buat disuguhin di keluarga dulu, lumayan buat jadi temen kumpul keluarga. Bahan-bahan yang dipake juga enggak susah buat dicari kok Bunda. Berikut ini ada langkah buat bikin resep kue putu ayu yang bisa Bunda ikutin di rumah.

Bahan-bahan

  • 2 butir telur ayam
  • 125 gr gula
  • 150 gr tepung terigu
  • 150 ml santan
  • 1 sdt cake emulsifier
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/2 butir kelapa muda parut
  • Pasta pandan secukupnya

Langkah Membuat

1. Kukus parutan kelapa muda sebentar agar kelapa tidak mudah basi, dinginkan lalu taburi garam seuprit.


2. Mixing telur dan gula hingga berbuih, lalu masukkan cake emulsifier. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga kaku.


3. Turunkan kecepatan mixer, masukkan terigu yang telah dicampur baking powder sedikit demi sedikit, kocok sebentar saja hingga rata. Matikan mixer.

4. Tuang santan ke adonan, lalu aduk balik perlahan hingga rata. Beri pasta pandan secukupnya, aduk lagi hingga rata.

5. Olesi cetakan dengan minyak sayur, beri kelapa parut sedikit ditekan-tekan lalu tuang adonan.


6. Kukus selama 15 menit. Pastikan kukusan sudah benar-benar panas ya Bun. Kukus dengan api sedang agar besar, tutup kukusan dilapisi serbet agar tidak menetes.


7. Angkat dan sajikan.


Saran Penyajian

1. Kalau sudah agak dingin, tata pada piring saji dengan rapi.

2. Kemudian berikan potongan pandan kecil pada bagian tengah agar terlihat lebih cantik lagi.

3. Putu ayu siap disantap bersama.

Nah, itu dia Bunda langkah buat bikin resep kue putu ayu yang sederhana tapi special soalnya bentuknya cantik-cantik sesuai selera Bunda. Untuk warna memang biasanya identik sama warna hijau, tapi kalo Bunda mau bereksperimen dengan warna yang lainnya juga enggak masalah kok. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Sumber