Berlangganan

Resep Kue Mochi Isi Kacang Paling Enak Dan Sederhana



Bunda sudah pernah dengar yang namanya kue mochi, kan? Sebenarnya kue mochi ini dari Jepang loh Bunda. Bikinnya dari beras ketan yang ditumbuk sampai lembut dan lengket, baru deh dibentuk menjadi bulat. Tapi beda kue mochi di Jepang sama di Indonesia. Kalo di Indonesia kue ini datang dari daerah Sukabumi. Banyak kok pedagang asongan yang jualan di beberapa titik persimpangan jalan besar dari Kota Bogor.

Nah, kalo Bunda sering lewat situ pasti sudah pernah juga ngerasain rasanya kue mochi ala Indonesia. Biasanya kue ini dikemas dengan merek tulisan kuo-i artinya kebahagiaan. Biasanya, satu keranjang isinya 10, dengan harga mulai Rp. 5.000-Rp. 7.500/renteng. Kue mochi khas Indonesia ini biasanya diisi dengan adonan kacang. Rasanya, gimana? Jangan tanya deh, rasanya emang bener-bener menggoda. Apalagi, buatnya tanpa pewarna dan tanpa pengawet. Resep mochi isi kacang tanah menghasilkan rasa yang khas, jadi enggak heran kalo banyak yang suka.

Nah, buat para Bunda yang belum pernah nyobain kue mochi, coba deh sekali-kali, siapa tau nih bakal ketagihan. Kenapa harus coba kue mochi? Soalnya kue ini memang khas rasanya. Bukan cuma itu aja, tapi kue ini juga cocok kok buat jadi jamuan tamu pas lagi main ke rumah atau untuk hajatan. Selain rasanya yang enak, kue mochi juga bisa jadi suguhan yang unik dan banyak disukai. Resep mochi isi kacang tanah jadi jenis mochi yang punya cita rasa enak.

Kalo Bunda memang jauh dari daerah Sukabumi atau Kota Bogor, Bunda juga bisa nyoba buat sendiri di rumah. Mungkin kalo dilihat sekilas memang susah, tapi sebenarnya sederhana kok cara bikinnya. Apalagi bahan buat adonan juga banyak disekitar, jadi enggak akan kesulitan. Langsung aja deh, berikut ini ada langkah buat bikin resep mochi isi kacang tanah yang bisa Bunda coba di rumah.

Bahan-bahan

  • 250 gr tepung ketang
  • 10 gr terigu
  • 300 ml santan sedang
  • Sejumput garam

Filling

  • Kacang tanah sangrai
  • Gula pasir
  • Secukupnya air panas

Cara membuat

1. Aduk santan, garam, tepung ketan dan terigu sampai larut. Kalo perlu saring.


2. Tuang campuran ke dalam plastik tahan panas. Kukus sampai matang dan terlihat agak transparan.

3. Adonan mochi yang telah dikukus. Uleni panas-panas. Saya bungkus tangan dengan lap agak tebal, pelan-pelan uleni.


4. Ambil sebagian adonan kulit, beri isi (tangan dibalur dengan maizena supaya tidak lengket).


5. Mochi yang sudah diberi isi dibentuk bulat, balur mochi dengan tepung maizena yang telah disangrai.


6. Filling: kacang tanah yang telah disangrai ditumbuk, campur dengan gula pasir dan sedikit air panas sampai bisa dipulung.

7. Mochi siap dihidangkan.


Saran Penyajian

1. Nah, kalo mochi sudah siap disajikan, Bunda bisa letakkan mochi di piring hias.

2. Tata yang rapi, kemudian berikan potongan daun pandan agar tampilan lebih cantik.

3. Kue mochi siap disajikan untuk para tamu atau keluarga.

Resep mochi isi kacang tanah yang bisa Bunda buat di rumah di atas cukup simpel, kan? Jadi Bunda gak perlu tuh beli jauh-jauh, kalo bisa bikin sendiri pasti lebih special lagi. Selamat mencoba Bunda, semoga berhasil!

Sumber