Berlangganan

Resep Kerupuk Nasi Pedas Gurih. Bikin Makan Lebih Lahap



Kalo tinggal di Indonesia, rasanya mustahil kalo enggak kenal sama makanan kerupuk. Kerupuk adalah makanan ringan yang biasanya dibuat dari adonan tepung tapioka yang dicampur sama beberapa bahan lainnya seperti udang atau ikan. Tapi karena semakin berkembang, masyarakat mencoba beberapa bahan lainnya buat bikin kerupuk, misalnya aja kerupuk dari nasi.

Kurang tahu dimana awal mulanya kerupuk nasi ini diciptakan tapi pada kenyataannya kerupuk yang terbuat dari bahan nasi ini banyak banget yang suka. Bahkan sering dijual di rumah makan, warung, dan beberapa tempat makan lainnya. Nah, resep kerupuk nasi pedas gurih jadi salah satu jenis yang banyak disukai dan populer loh Bunda.

Sekalipun terbuat dari nasi, tapi kerupuk ini juga butuh tepung tapioka buat bikin adonannya semakin sempurna. Biasanya kerupuk paling enak kalo dimakan pas lagi santai nonton TV sama keluarga, baca majalah, atau waktu makan. Enggak cuma itu, tapi kerupuk nasi pedas yang gurih ini bisa kok Bunda sajikan buat sajian lebaran. Sekalipun sederhana, tapi rasanya yang khas pasti bikin banyak tapi suka. Ketika hajatan juga bisa digunakan untuk teman makan sajian yang ada. Resep kerupuk nasi pedas gurih ini mulai banyak digunakan sebagai salah satu sajian kerupuk yang punya rasa khas dan enak loh Bunda.

Kalo Bunda kepengen kerupuk nasi pedas gurih, mending bikin sendiri di rumah. Soalnya bahan yang dipakai juga enggak susah didapat dan caranya juga enggak ribet. Nah, Bunda bikin kerupuk nasi sendiri di rumah bisa nambah pengalaman sekaligus bisa jadi peluang usaha loh. Kan lumayan Bunda buat nambah pemasukkan, apalagi kalo di sekitar rumah Bunda belum ada yang buka usaha kerupuk nasi pedas. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep kerupuk nasi pedas gurih di rumah

Bahan-bahan

  • 1 mangkuk Nasi sisa semalam, rendam air selama 1-2 jam
  • 1 mangkuk Tepung tapioka (tambah jika kurang)
  • 5 siung Bawang putih
  • 1 sdt Ketumbar
  • 2 batang Daun bawang (bagian hijaunya), iris halus, cincang
  • Secukupnya Garam, kaldu bubuk (optional)
  • Secukupnya Cabe bubuk

Langkah Membuat

1. Tiriskan nasi yg sdh diblender (kalau perlu agak diperas). Blender nasi dg bawang putih, ketumbar dan garam hingga halus (JANGAN ditambah air pas mblender yaa!) Lalu campur dg tapioka, daun bawang, kaldu bubuk dan cabe bubuk (cabe dan daun bawang bisa ikut diblender monggo silhkn pilih mn yg disuka).


2. Tuang tapiokanya sedikit demi sedikit ya, aduk dulu dg spatula kayu (spy gak lengket di tangan), jika sdh mendekati kalis baru uleni dg tangan. Bentuk lonjong adonan spt mpek2 lenjer (ciri2 kalis adonan gak akan lengket ketika dibentuk).


3. Rebus dlm air mendidih hingga mengapung.


4. Angkat, tiriskan, dinginkan. Ini foto rikuk kedua, sy bentuk agak besar spy kerupuknya gak terll kecil).


5. Nah ini pas rikuk pertama, bikin yg versi original dan pedas, bentuknya lbh langsing jdnya kerupuknya imut.


6. Simpan adonan matang ke dlm kulkas semalaman supaya mudah diiris. Terlihat kan dr bentuk irisannya bisa tipis2.


7. Jemur sampai kering 1-2 hari, goreng.


8. Foto yg sdh digoreng versi pedas semua, yg original gak sempet foto.


Saran Penyajian

1. Kalo sudah matang digoreng tiriskan dari minyak.

2. Setelah itu, tunggu agak dingin dan masukkan dalam toples atau dikemas.

3. Kerupuk nasi pedas gurih sudah siap dinikmati.

Nah, itu dia bahan sama langkah buat bikin resep kerupuk nasi pedas gurih di rumah. Enggak susah kan Bunda? Kalo banyak yang suka bisa nambah porsi pembuatannya. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat. Terimakasih.
Sumber