Berlangganan

Resep Keripik Singkong Rasa Pedas Buat Sajian Lebaran



Rasanya hampir semua orang Indonesia kenal baik sama makanan keripik singkong. Makanan yang dibuat dari bahan singkong yang diiris bentuk tipis dan digoreng. Biasanya diberikan beberapa varian rasa agar lebih enak lagi.

Dulunya cemilan ini hanya memiliki rasa bawang yang gurih, tapi karena semakin berkembang maka semakin banyak juga loh Bunda varian rasanya, misalnya nih ada manis, pedas, asin, atau justru dikombinasikan dari beberapa rasa tersebut. Nah, cemilan ini bisa ditemukan rata pada daerah di Pulau Jawa. Jajanan ini masih saja eksis sampai sekarang sekalipun banyak juga jajanan lain yang lebih modern. Resep keripik singkong pedas manis jadi salah satu jenis yang banyak disukai, mungkin Bunda juga suka.

Cemilan keripik singkong ini paling cocok banget loh Bunda buat sajian ketika sedang ngumpul dengan keluarga, teman, tetangga, atau bahkan ketika sendirian menikmati waktu menonton TV. Bukan cuma itu, Bahkan Bunda juga bisa loh suguhin keripik singkong ini ketika sedang ada momen besar, seperti lebaran dimana banyak tamu yang bertandang ke rumah. Pasti banyak yang suka juga kok Bunda. Keripik singkong rasanya yang khas dan renyah membuat yang makan ketagihan. Nah, Bunda daripada beli keripik singkong mending bikin sendiri. Buat percobaan, boleh kok pakai resep keripik singkong pedas manis dengan porsi yang tidak terlalu banyak untuk keluarga ketika hari minggu. Siapa tahu memang rasanya bisa pas dan enak Bunda.

Banyak banget kelebihan yang bisa didapat Bunda kalo bikin keripik singkong sendiri di rumah. Selain lebih irit, Bunda juga bisa nambah pengalaman buat bikin makanan ringan. Kalo bikin sendiri juga bisa sesuai selera keluarga Bunda, jadi lebih nikmat lagi rasanya. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep keripik singkong pedas manis sendiri di rumah.

Bahan-bahan

  • 1 kg singkong /potong2
  • 3 buah gula merah
  • 5 sdm gulapasir
  • 150 ml air matang
  • Secukupnya garam

Bumbu Halus

  • 5 siung bw.putih
  • 7 siung bw.merah
  • 10 buah cabe merah kriting
  • 5 buah cabe rawit merah/selera

Langkah Membuat

1. Kupas singkong, potong dan cuci bersih.


2. Iris singkong sesuai selera.


3. Goreng terlebih dahulu singkong, sampe berubah warna emas kecoklatan (sampe singkong jd kriuk ya mom) dan kurang lebih setelah digoreng, spt ini.


4. Siapkan bahan bumbu halus. Ulek/blender semua bahan, kecuali gula merah dan gula pasir


5. Sisir gula merah.


6. Tumis bumbu halus sampe harum dan matang, kemudian tambahkan air, garam, gula merah dan gula pasir. Koreksi rasa..masak hingga tumisan mengental.


7. Setelah saos gula pedas mengental, tuang keripik singkong kedalam wajan saos. Aduk-aduk sampe semua keripik terlumuri secara merata. Oseng sebentar, angkat..dinginkan di suhu ruang baru kemudian masukan toples. Selamat mencoba dan menikmati.


Nah, itu dia bahan sama langkah bikin resep keripik singkong pedas manis di rumah. Enggak ribet kan Bunda? Kalo rasanya beneran enak, bisa jadi lahan bisnis di rumah loh Bunda. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Sumber