Berlangganan

Resep Jamu Kunyit Asam Jawa. Berkhasiat Bikin Badan Sehat Dan Segar



Kalo Bunda sempat menikmati beberapa era pada jaman dulu bisa dibilang minuman tradisional jamu sering banget dinikmati dan hampir setiap hari. Namun karena semakin berkembangnya jaman minuman jamu semakin susah untuk ditemukan. Pernah tahu kan Bunda minuman kunyit asam?

Minuman tradisional tersebut sebenarnya datang dari daerah Jawa Tengah loh Bunda. Banyak banget khasiat yang didapat dari minuman ini Bunda, misalnya aja nih menyegarkan badan, mengatasi panas dalam, perut kembung, dan masih banyak manfaat yang lainnya. Resep kunyit asam memang sudah jarang digunakan, tapi masih ada juga kok beberapa orang yang menjual minuman ini sebagai jamu.

Buat para Bunda yang belum tahu, jadi kunyit asam ini merupakan minuman yang terbuat dari bahan alami seperti kunyit, kemudian asam lama, ada juga gula merah. Biasanya ada beberapa orang yang suka nih diberikan tambahan temulawak, khasiatnya memang ampuh Bunda untuk badan. Enggak cuma bisa dikonsumsi orang dewasa, tapi baik juga loh Bunda buat dikonsumsi anak-anak bahkan bisa nambah nafsu makan mereka. Nah, Bunda bisa nih coba resep kunyit asam di rumah buat anak-anak dan keluarga. Minuman ini bisa dicampur dengan es batu Bunda, jadi rasanya lebih enak dan lebih seger lagi. Bikin dengan rasa yang manis dan asam pasti anak-anak jadi suka.

Buat bikin kunyit asam sendiri di rumah sebenarnya enggak susah kok Bunda. Lagian lebih irit dan sehat juga. Kalo seandainya anak-anak dan keluarga lebih suka selera yang manis dan tidak terlalu asam maka Bunda bisa menyesuaikannya sesuai selera. Berikut ini bahan sama langkah bikin resep kunyit asam sendiri di rumah.

Bahan-bahan

  • 10 ruas Kunyit (kupas dan cuci bersih)
  • 50 grm Asam jawa
  • 100 grm Gula aren/gula merah
  • 750 ml Air

Langkah Membuat

1. Siapkan bahan-bahan. Saat mengupas kunyit pakai sarungtangan atau plastik ya bun, supaya tangannya ga kuning smua. Blender kunyit dan air sampai halus. Boleh juga ditumbuk.


2. Masukan kunyit yang sudah diblender kedalam panci lalu nyalakan api. Masukan gula merah, asam jawa sambil terus diaduk. Boleh ditambah gula pasir bila ingin lebih manis.

3. Setelah mendidih angkat dan diamkan sampai tidak terlalu panas, lalu saring. Siap diminum hangat atau ditambah es batu lebih segar.


4. Panci keramik dan wadah melamin yang sudah digunakan pastinya akan meninggalkan noda kuning yg sulit hilang.

Cara membersihkannya:

5. Bersihkan panci dan melamin dari kotoran yang menempel lalu bilas.

6. Sisa noda yang sulit hilang dibersihkan dengan melumuri pemutih pakaian pada panci dan melamin dengan perlahan. Taraa.... Noda bekas kunyit bersih seketika.

7. Cuci ulang dengan sabun dan bilas sampai bersih. Cara ini berhasil pada bahan melamin dan keramik. Cara ini TIDAK BISA digunakan pada bahan plastik atau stainles.

8. Bunda yang punya gelas, piring, mangkok bahan melamin bisa membersihkan noda teh, kopi, dengan cara yg sama. Semoga membantu.

Saran Penyajian

1. Bunda bisa meletakkan kunyit asam digelas cantik.

2. Berikan es batu agar lebih segar.

3. Kunyit asam sudah bisa dinikmati.

Nah, itu dia Bunda bahan sama langkah buat bikin resep kunyit asam di rumah. Bahan yang dipakai enggak susah didapat kan? Langkah bikinnya juga enggak ribet. Mengkonsumsi kunyit asam secara teratur bisa menjaga kesehatan keluarga loh Bunda. Bahkan ketika ada acara hajatan juga bisa disajikan kok Bunda. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Terimakasih Bunda.

Sumber