Berlangganan

Resep Jajanan Tradisional Gemblong, Cemilan Sehat Untuk Semua Acara



Bunda tahu enggak, kalo ada makanan khas Indonesia yang namanya Gemblong? Namanya emang cukup unik sih. Tapi Gemblong ini sejenis jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras ketan putih yang diuleni sampai kalis loh Bun. Resep jajanan gemblong ini udah terkenal banget di beberapa daerah.

Tapi sayangnya karena jaman sudah berkembang cepat, banyak juga anak muda dan beberapa orang yang kurang tahu jajanan gemblong. Tepung beras ketan yang sudah kalis tadi dibentuk seperti bola, kemudian digoreng dan dilapisi dengan larutan gula aren. Rasanya pasti enak banget. Kalo di daerah Jawa Timur, jajanan ini punya nama lain getas. Sekalipun rasanya sama, tapi getas dibikin dari ketan hitam.

Sebenernya asal mula jajanan gemblong ini dari Sunda, Jawa, dan Betawi. Sempat jadi makanan yang populer loh jaman dulunya. Dikasih nama gemblong soalnya bentuknya bulat dan lonjong. Sekalipun begitu, jajanan ini punya nilai gizi yang bagus loh Bunda, misalnya saja ada protein, terus karbohidrat, kalsium, dan beberapa kandungan yang lainnya. Cocok banget nih Bun buat sajian kalo lagi ngumpul sama anak sama suami. Karena rasanya yang enak dan khas, bahkan jajanan ini juga cocok kok disajikan pas lagi ada tamu main ke rumah. Apalagi kalo di daerah Bunda enggak ada jajanan ini, jadi Resep jajanan gemblong bisa jadi andalan ketika ada acara di rumah.

Bikin jajan gemblong sendiri di rumah enggak susah kok Bunda, bahannya juga gampang banget buat di cari. Kalo bunda bikin sendiri di rumah siapa tahu nanti porsinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini bahan dan langkah buat bikin resep jajanan gemblong di rumah.

Bahan-bahan

  • 200 gram tepung ketang putih
  • 100 gram kelapa parut kasar
  • 1/2 sdt garam halus
  • 125 ml santan dari 150 gram kelapa parut

Bahan bulatan:

  • 50 gram gula merah/aren
  • 50 gram gula pasir
  • 120 ml air matang
  • 1 lembar daun pandan

Langkah Membuat

1. Campur rata tepung ketan, kelapa parut, garam, dan santan. Uleni sampai kalis dan bisa dibentuk. Lalu bentuk bulat lonjong, lakukan sampai habis. Kemudian goreng dalam minyak panas dengan api kecil sampai kuning keemasan. Angkat. Tiriskan.


2. Didihkan bahan balutan sampai berbusa banyak dan kental. Masukan gemblong yang digoreng tadi. Aduk rata sampai gula menyelimuti seluruh permukaan gemblong. Matikan api. Angkat wajan dari kompor, lalu aduk terus sampai gula mengeras. Angkat gemblong satu persatu, dinginkan.


3. Sajikan.


Saran Penyajian

1. Letakkan gemblong yang sudah dingin satu per satu di atas piring saji.

2. Tata dengan rapi, dan berikan hiasan potongan stroberi.

3. Sajikan bersama dengan teh hangat.

4. Gemblong sudah siap dinikmati.

Nah, itu dia Bunda bahan dan langkah buat bikin resep jajanan gemblong di rumah. Gampangkan?. Kalo banyak yang suka sama jajan gemblong buatan Bunda, bisa kok jadi peluang bisnis untuk dijual di sekitar rumah Bunda dan siapa bisa nambah penghasilan Bunda di rumah. Semoga bermanfaat Bunda, terimakasih.

Sumber