Berlangganan

Resep Jajanan Pak Thong Koh (Apem Putih). Bikin Keluarga Betah Di Rumah



Bunda, sudah pernah cobain Apem apa belum nih? Jajanan ini cukup terkenal di Indonesia loh. Tapi, tahukah bunda kalo Apem sendiri sebenarnya sih dari India. Apem dikenal sebagai panganan tradisional yang dibuat dari tepung beras yang didiamkan selama semalam loh Bun. Bahan-bahan yang dipakai juga beragam.

Nah, banyak juga nih yang belum tahu tentang jenis apem putih atau yang dikenal dengan bahasa China “Pak Thong Ko”. Sebenarnya masih belum diketahui dengan jelas dari mana apem putih tersebut berasal. Tapi jajanan ini juga terkenal di Indonesia, resep apem putih yang melegenda di Indonesia sering juga digunakan sebagai peluang usaha. Nah, Bunda pernah denger apem putih enggak?

Memang apem putih enggak begitu terkenal kayak apem yang biasanya, tapi kalo ngomongin soal rasa, apem putih juga enggak kalah enaknya kok. Banyak orang yang suka dengan apem putih karena rasanya yang khas dan bentuknya yang berbeda dari apem biasanya. Nah, Bunda lumayan kan ada menu baru buat disajikan ketika sedang kumpul dengan keluarga. Enggak cuma dipakai pas lagi kumpul keluarga, bahkan resep apem putih juga bisa Bunda coba ketika sedang ada acara di rumah dengan teman-teman arisan. Siapa tahu banyak yang suka dan bisa jadi lahan untuk bisnis. Lumayan untuk tambahan tanpa harus bekerja meninggalkan rumah loh Bun.

Nah, ada baiknya buat bikin sendiri aja di rumah Bun. Enggak terlalu sulit kok, kayak bikin jajanan apem biasanya. Cuma kali ini menggunakan kukusan jadi tidak ada bagian yang berwarna kecoklatan. Nih Bunda resep apem putih yang lengkap serta bahan dan langkahnya, biar Bunda bisa coba bikin di rumah.

Bahan-bahan

  • 330 ml air kelapa
  • 200 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan

Bahan B

  • 330 air kelapa
  • 300 gram tepung beras

Bahan C

  • 1/2 sdm ragi instant
  • 1 sdm minyak sayur

Langkah Membuat

1. Aduk bahan A, didihkan sampai gula larut, saring dan dinginkan.


2. Aduk bahan B, masukkan air kelapa sedikit – sedikit. Aduk rata dengan whisk sampai tak bergerindil.


3. Masukkan campuran bahan A ke bahan B. Lalu masukkan ragi dan minyak, aduk rata. Diamkan 4-5 jam, tutup dengan kain bersih.


4. Panaskan kukusan, lapisi tutupnya dengan kain.


5. Tuang ke dalam loyang diameter 12 cm yang sudah diolesi sedikit minyak. Kukus selama 30 menit dengan api yang sedang.


6. Dinginkan, potong dan sajikan.


Saran Penyajian

1. Letakkan beberapa potong apem putih pada piring saji.

2. Tata rapi, berikan potongan daun pandan sebagai hiasan.

3. Apem putih siap dinikmati.

Itu dia Bunda bahan dan langkah untuk bikin resep apem putih di rumah, enggak terlalu sulit kan? Kalo Bunda bisa bikin sendiri di rumah rasanya akan lebih irit, dan dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan yang dipakai. Bikin porsi sedikit atau banyak, Bunda bisa perkirakan sendiri pastinya. Selamat mencoba Bunda, Terimakasih.

Sumber