Berlangganan

Resep Jajanan Klepon Ketan Gula Merah. Buatan Sendiri Lebih Enak!



Mungkin kebanyakan dari Bunda juga sudah pada tahu Klepon, jajanan yang gurih dan enak banget. Klepon merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang sering dijual di pasar tradisional. Cara bikinnya dari tepung beras ketan yang dibentuk bulat seperti bola kecil, kemudian bagian dalamnya diberi isi gula merah dan direbus di dalam air mendidih.

Rasa klepon yang khas menjadi makanan yang tetap populer dari dulu sampai sekarang. Sekalipun sudah banyak makanan modern yang lebih menguasai, tapi klepon banyak juga yang suka. Jajanan klepon ini sudah terkenal dan sudah mudah ditemui di beberapa daerah di Indonesia. Tapi kalo di daerah Sumatra, namanya sudah bukan klepon loh Bunda tapi onde-onde. Dan bukan onde-onde yang punya isi adonan kacang hijau loh ya. Resep klepon gula merah masih jadi makanan khas yang banyak disukai dan cari sampai saat ini.

Klepon ini cocok juga dipakai ketika lagi kumpul bareng keluarga. Bahkan disajikan ketika lebaran juga bisa, biar jajannya bervariasi. Enggak cuma itu Bunda, tapi buat hajatan juga bakalan cocok. Jadi para tamu juga akan menikmati jajanan tradisional yang rasanya enak banget. Pasti banyak yang suka dan menikmati sajiannya. Kalo mau lebih enak lagi, Bunda bisa coba bikin sendiri kok. Selain nambah pengalaman, bahan yang digunakan untuk resep klepon gula merah bisa Bunda sesuaikan dengan kebutuhan loh.

Bikin klepon sendiri sebenernya enggak susah kok Bunda. Emang kalo liat bentuk dan teksturnya keliatan susah, tapi kalo sudah dicoba enggak terlalu susah kok. Apalagi kalo bikin sendiri Bunda bisa lebih irit lagi. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep klepon gula merah sendiri di rumah Bunda.

Bahan-bahan

  • 125 gr tepung ketan
  • 50 gr kelapa parut instan di kukus
  • 100 cc air hangat
  • 50 gr gula merah di sisir
  • 1/4 sdt garam /secukupnya
  • secukupnya Pewarna pandan
  • 1 lembar daun pandan

Langkah Membuat

1. Siapkan wadah masukkn tepung ketan, 3 tetes pewarna pandan dan tuangi air sedikit demi sedikit dan uleni sampai kalis.


2. Setelah adonan kalis buat bulat2 besar/kecil sesuai selera. Saya timbang 10gr tiap bulatan. Dan siap di isi dng gula merah yg sudah di sisir.


3. Ambil 1 adonan pipihkan di tangan beri isian 1/2 sdt. Tutup dari samping hingga menutupi trus bulatkan. Piling pelan2 saja biar tidak pecah. Lakukan hingga adonan terisi semua.


4. Siapkan panci beri air bersih secukupnya dan daun pandan. Masak hingga mendidih. Sambil nunggu airnya mendidih siapkan kelapa perut yg sdh di kukus beri sedikit garam aduk rata. Setelah air mendidih masukkn adonan yg sdh di isi gula merah td. Masak sampai mengapung ke atas tanda sudah matang. Dan gulingkan ke Kelapa parut tadi. Lakukan hingga semua tercampur.


5. Klepon ketan Gula Merah siap di hidangkan. Hemmm.... Mantap lumer di mulut gula merahnya.


6. Selamat mencoba.


Saran Penyajian

1. Kalo sudah jadi, letakkan di atas piring hias.

2. Kemudian berikan hiasan potongan pandan yang sudah dibentuk di atasnya.

3. Klepon ketan gula merah udah bisa dinikmati.

Nah, itu dia Bunda bahan sama langkah bikin resep klepon gula merah di rumah. Enggak susah kan?, jadi Bunda bisa coba dulu buat keluarga di rumah. Kalo enak, bisa terima pesanan di rumah, lumayan untuk tambahan pemasukan Bunda. Selamat mencoba, semoga bermanfaat Bunda. Terimakasih.

Sumber