Berlangganan

Resep Dim Sum Ayam Enak. Makanan Sehat, Kesukaan Anak-Anak



Bunda udah pernah makan dim sum belum? Dim sum atau somay ini jadi jajanan yang belakangan ini banyak diminati loh Bunda. Biasanya yang suka anak muda, rasanya memang enak dan enggak mengecewakan. Nah, dim sum ini sendiri sebenarnya bukan asli Indonesia, soalnya udah populer dari jaman dulu.

Sering banget jadi jajanan khas dari China yang dibawa waktu berdagang. Sekarang dim sum atau somay udah berkembang pesat dibeberapa negera lainnya, salah satunya di Indonesia. Kalo Bunda jalan-jalan di beberapa kota besar pasti banyak juga kok yang jualan dim sum ini. Karena resep dim sum ayam dan beberapa jenis lainnya berkembang pesat di Indonesia, namanya jadi lebih terkenal dan banyak diminati.

Dim sum sendiri disajikan di sebuah wadah kukusan bambu, unik memang tapi ada tujuannya loh Bunda. Tujuannya biar tetep panas, jadi dim sum tetap enak kalo dimakan. Nah, Bunda kalo masak dim sum buat keluarga pasti mereka lebih seneng lagi, apalagi anak-anak mungkin makin betah buat makan di rumah daripada jajan di luar yang kurang bersih dan sehat. Bikin resep dim sum ayam enggak cuma bisa disuguhkan buat keluarga aja loh Bunda, bahkan bisa juga buat bikin peluang usaha. Soalnya banyak banget yang doyan makan dim sum, kalo udah nyoba satu pasti bisa ketagihan.

Buat bikin dim sum ini enggak susah kok Bunda, bahan yan dibutuhkan juga gampang banget dicari di sekitar. Memang makanannya dari China, tapi karena udah berkembang lama di Indonesia jadi bahan buat bikinnya juga lebih gampang dan rasanya enggak kalah enaknya sama dim sum asli China. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep dim sum ayam di rumah.

Bahan-bahan

  • Secukupnya kulit pangsit
  • 450 gram daging ayam tanpa tulang tanpa kulit
  • 4 sdm tepung sagu/tapioka
  • 2 sdm tepung maizena

Bumbu:

  • 3 siung besar bawang putih, diparut
  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • 2 sdm air

Langkah Membuat

1. Potong lebih kecil daging ayam. Masukkan ke gelas blender. Tambahkan semua bahan bumbu. Blender halus.


2. Pindahkan ke wadah lain. Tambahkan tepung sagu dan tepung maizena. Aduk rata sampai tepung benar – benar menyatu dengan daging ayamnya.


3. Isikan ke tiap lembar kulit pangsit. Lakukan sampai habis.


4. Kukus sampai matang. Sebelumnya, oles pengukus dengan sedikit minyak agar tidak lengket. Semprot kulit siomay dengan air secukupnya saja, supaya kulit siomainya lembab mengkilap dan tidak kering.


5. Sajikan.


Saran Penyajian

1. Letakkan dim sum pada piring saji.

2. Sajikan bersama satu mangkok saus dan mayo.

3. Dim sum sudah siap disajikan.

Nah, itu dia Bunda bahan sama langkah buat bikin resep dim sum ayam di rumah. Enggak terlalu sulitkan? Kalo buat sendiri, isi dim sum juga bisa disesuikan sama selera Bunda dan keluarga. Selain itu, bikin sendiri juga makin irit pula. Selamat mencoba Bunda, terimakasih.

Sumber