Berlangganan

Resep Cimol Crunchy Special Khas Sunda Pakai Bon Cabe/Balado



Bunda sudah pernah tahu Cimol? Makanan ringan yang dibuat dari tepung kanji. Namanya memang lucu, cimol yang aritinya aci digemol dari Bahasa Sunda. Cimol ini sering banget ditemuin di pinggir jalan, biasanya dijual di dekat taman bermain atau di sekolah. Sebenernya cimol ini asli dari Kota Tasikmalaya dan sering dijual di di Kota Bandung kira-kira tahun 2001. Jajanan ini semakin banyak disukai tiap harinya. Bentuknya bulat seperti cilok, tapi renyah karena digoreng seperti cireng. Biasanya makannya pakai bumbu kering dan banyak banget pilihan rasanya misalnya kayak balado, barbeque, dan masih banyak juga bumbu yang lainnya. Resep cimol crunchy ini dibuat dari kanji yang dibulat-bulat dan digoreng, tapi dikasih juga bumbu agar lebih enak rasanya.

Biasanya kebiasaan anak-anak suka sekali nih Bun sama jajanan yang ada di pinggir jalan. Tapi daripada Bunda beli di pinggir jalan rasanya kurang terjamin kesehatannya, Bunda juga bisa kok bikin cimol sendiri di rumah. Selain dikasih ke anak-anak dan temannya yang sedang main di rumah, siapa tahu bikin cimol bisa jadi peluang usaha Bunda. Buka usaha di rumah jualan cimol juga bisa menguntungkan, apalagi kalo daerah rumah Bunda jauh dari orang jualan cimol dan jadi makanan yang jarang ditemui. Resep cimol crunchy gampang kok Bun buat diaplikasikan di rumah.

Bikin cimol bahan-bahan yang dipake juga engga terlalu susah buat didapatin kok Bun. Enggak cuma itu, cara bikinnya juga gampang banget. Soalnya jajanannya aja udah kelihatan simple kalo dilihat dari hasilnya. Nah, berikut ini ada Resep cimol crunchy yang bisa Bunda coba di rumah.

Bahan-bahan

10 sdm tepung kanji/ sagu/ aci

2 sdm tepung terigu

4 siung bawang putih

1/2 sdt garam

Bila suka penyedap rasa

1 gelas air

Bumbu balado secukupnya

Minyak untuk menggoreng

Langkah Membuat

1. Didihkan air dan bawang putih yang sudah dihaluskan terlebih dahulu.

2. Campurkan tepung terigu, kanji, garam dan penyedap rasa bila suka. Aduk rata. Jika air bawang sudah mendidih, tuangkan bahan tepung.

3. Uleni hingga kalis. Jika masih lengket bisa tambahkan dengan tepung kanji. Jika sudah bisa kalis, bentuk bulat – bulat.

4. Taruh minyak di wajan. Masukkan bulatan adonan ke dalam minyak dingin. Jika sudah, hidupkan api kecil saja. Goreng hingga matang.


5. Jika sudah megnembang dan matang. Angkat dan tiriskan.


Saran Penyajian

1. Letakkan cimol yang sudah ditiriskan pada piring saji.

2. Kemudian taburi dengan bumbu balado.


3. Cimol crunchy siap dinikmati.

Nah, itu dia bahan dan langkah buat bikin Resep cimol crunchy di rumah Bun. Enggak terlalu sulit dan bahannya gampang didapatkan kan? Kalo hasil cimol bikinan Bunda masih belum maksimal, enggak masalah. Bunda juga masih bisa kok nyoba lagi di lain waktu, siapa tahu akan lebih enak dan berhasil. Selamat mencoba Bunda, terimakasih.

Sumber