Berlangganan

Resep Cilok Rambutan. Kriuk di Luar, Kenyal-kenyil di Dalam



Ingin bikin cemilan yang enak dengan variasi baru ? Resep cilok rambutan milik aprilia_kitchen ini merupakan salah satu inovasi kuliner yang sangat cerdas. Cara membuatnya ngga terlalu sulit, gampang banget, hanya butuh sedikit keberanian dalam mencoba nya saja hehehee... dan hasil akhirnya adalah cilok dengan rasa yang enak dan sangat lezatt serta bisa mengeyangkan perut, karena bahan dasarnya yang terbuat dari tepung terigu dan kanji atau sagu.

Cilok ini adalah makanan khas jawa barat ya, orang sunda dari dulu sampe sekarang emang udah deket banget dengan cilok ini. Cilok biasanya disajikan dengan dicocol ke saus kacang atau saus sambal.

Awal mulanya Cilok ini di rebus langsung disajikan tapi kini setelah semakin berkembang, variasi sajian cilok ada yang dikukus, atopun di goreng.

Nah... Untuk menambah kandungan gizi, adonan cilok bisa ditambahkan daging ayam, ikan ataupun telur. Jadi sajian cilok ngga hanya nikmat tapi juga sehat.

Kalo pengen bikin cilok sendiri di rumah, bahan utama nya sangat mudah banget hanya tepung sagu, tepung terigu serta telor. Langsung simak resep berikut ya

Bahan - bahan :

  • 200 gr tepung sagu, q pake sagu ALINI
  • 150 gr tepung terigu
  • 2 btg daun bawang, rajang
  • 1 butir telor
  • 1 sdt kaldu jamur
  • secukupnya air panas

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 1,5 sdt ladaku
  • secukupnya garam

Bahan mie rambutan:

  • 1 mie instan (ambil mie nya aja)

Langkah - langkah :

1. Uleg bahan bumbu halus


2. Campur semua bahan jadi satu,


3. Tambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan pas, jangan terlalu lembek agar mudah waktu membentuk bulatan.


4. Didihkan air dipanci, kemudian sambil bulat - bulat kan masukan kedalam rebusan, masak hingga cilok mengapung


5. Jika sudah mengapung semua, matikan api lalu tiriskan


6. Kemudian kukus selama 30-45 menit, lalu matikan api, angkat.


7. Sajikan dengan saus suka - suka, untuk saus bisa disesuaikan selera yaaa

8. Bahan saus yang q bikin: haluskan 3 cabe dan 1bawang putih yang sudah direbus, taruh dimangkuk tambahkan sedikit garam, masukan 50 ml air panas tambahkan 3 sdm saus tomat, 1 sdt kecap manis aduk rata,,, kalau mau tambah pedes tambahin saus sambal

9. Sebagian q goreng untuk cilok ala rambutan, caranya remas - remas mie instan, kemudian balutkan ke cilok hingga rata


10.Lalu goreng, hingga kekuningan, angkat tiriskan.


11. Done


12. Sajikan hangat, kriukkk dech


Selamat menikmati Cilok Rambutan, biar makin mantap cocol ke saus sambal moms!

Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama. Selamat mencoba, silahkan like atau share resep ini ke saudara atau kerabat tercinta.

Sumber