Berlangganan

Resep Cilok Bumbu Kacang Sederhana Untuk Keluarga Tercinta



Cilok rasanya udah jadi jajanan yang enggak asing lagi di Indonesia. Sekalipun asalnya dari Jawa Barat, tapi di daerah lain juga gampang banget dicari. Cilok termasuk jajanan tradisional Indonesia yang dibuat dari tapioka dan tambahan bumbu pelengkap, enggak heran kalo rasanya kenyal.

Cilok punya bentuk bulat-bulat kayak bakso, tapi rasanya sudah pasti beda soalnya bahan dasarnya juga udah beda. Biasanya cilok ini dikasih isi di dalamnya, entah itu telur atau daging cincang. Rasanya yang khas emang bikin ketagihan. Belakangan ini banyak orang yang pakai resep cilok bumbu kacang untuk berbisnis, dengan sambal kacang rasa cilok memang lebih enak.

Biasanya yang suka makanan cilok ini anak-anak, di daerah sekolah sering sekali orang menjual cilok. Nah, Bunda bisa loh pakai menu cilok kalo lagi ngumpul sama keluarga, pasti lebih seru lagi. Enggak cuma itu aja, kalo ada arisan keluarga atau arisan dengan tetangga menu cilok juga bisa jadi suguhan kok. Pasti banyak yang suka dengan sajian cilok, selain unik rasanya juga enak. Kalo cilok buatan Bunda enak, siapa tahu bisa jadi lahan bisnis buat dijual di sekitar rumah. Jadi bisa tambah penghasilan dan ngisi waktu kosong Bunda. Resep cilok bumbu kacang jadi makanan yang cukup populer belakangan ini, sekalipun sudah banyak makanan baru yang lebih modern.

Bikin sendiri lebih enak daripada beli, soalnya Bunda bisa menyesuaikan sama selera keluarga. Jadi isi cilok juga bisa diisi sesuai kesukaan anak-anak. Bikinnya enggak susah kok Bunda, berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep cilok bumbu kacang di rumah, cocok dicoba kalo sayang anak.

Bahan-bahan

  • 120 gr terigu
  • 120 gr kanji / tapioka
  • 1 sdt garam
  • 3/4 sdt gula
  • 1/2 sdt penyedap rasa (masako)
  • Secukupnya daun bawang (potong²)
  • 230 ml air
  • 2 siung bawang putih (haluskan)
  • Secukupnya air untuk merebus

Bumbu Kacang

  • Segenggam kacang tanah (goreng) kira² 40gr
  • 2 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • 2 butir kemiri
  • 1 buah cabe merah
  • 4 buah cabe pedas
  • Secukupnya gula merah (±¼ butir)
  • 2 sdm kecap manis
  • Secukupnya gula pasir
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya air

Langkah Membuat

1. Dalam baskom campur terigu + kanji + gula + garam + masako dan daun bawang, aduk rata.


2. Didihkan air + bawang putih, note : setelah mendidih langsung angkat ya jgn lama² nanti airnya habisss.

3. Lalu tuang air mendidih td kedalam campuran terigu, tuang sedikit² sambil diaduk dengan garpu sampai bisa dibentuk, lalu bentuk bulat sampai habis.


4. Didihkan air, masukkan cilok, jika sudah mengapung brarti sudah matang, angkat dan tiriskan.


5. Buat bumbu kacang

6. Haluskan bawang putih + bawang merah + kemiri + cabe pedas + cabe merah dan gula merah, lalu tumis hingga harum.


7. Disela² menumis haluskan kacang, beri sedikit air agar mudah. Ini sy agak express karna di uleg bukan diblender, jd cobeknya gantian habis nguleg bumbu lalu ditumis lgsg nguleg kacang. Diblender jg boleh kacangnya.

8. Lalu masukkan kacang kedalam tumisan bumbu, aduk rata beri sedikit air, kekentalan bumbu sesuai selera ya, masukkan gula, garam dan kecap manis, aduk rata.

9. Masukkan cilok kedalam bumbu agar meresap, aduk sampai mendidih, angkat.


10. Siap disajikan, ini enak saudara², kenyal dan tidak alot.


Saran Penyajian

1. Letakkan cilok yang sudah matang pada mangkung.

2. Berikan taburan daun bawang, atau bawang goreng di atasnya.

3. Cilok bumbu kacang siap dinikmati.

Nah, gampang kan Bunda bikin resep cilok bumbu kacang di rumah? Bahannya enggak susah dicari dan langkahnya juga enggak ribet. Bikin di rumah porsinya juga bisa disesuaikan. Kalo porsinya lebih banyak dari resep, Bunda bisa menambahkan takaran porsi bahan yang sesuai dengan resep. Selamat mencoba Bunda, terimakasih.

Sumber