Berlangganan

Resep Churos Jajanan Dari Spanyol Yang Ngetrend



Sebagai Ibu rumah tangga nih, Bunda tentu harus tahu apa yang lagi disuka keluarga. Apalagi disukai sama anak-anak, soalnya anak-anak semua sama, doyan jajan. Nah, salah satu jajanan yang saat ini banyak disukai keluarga pas lagi ngumpul adalah Churos. Bunda udah pernah denger belum? Atau udah pernah nyoba?

Churos ini sebenernya bukan jajanan dari Indonesia, tapi dari Spanyol. Kalo kata orang-orang, Churos itu bak donat khas dari Spanyol, sekalipun bentuknya juga beda jauh dari donat sih. Resep jajan Churos banyak juga kok dipakai sama beberapa pedagang jajanan di Indonesia. Lebih gampangnya lagi, Churos di Indonesia dipanggil sama nama cakwe.

Jajanan Churos di Spanyol sama di Indonesia memang beda jauh, dari segi rasa sampai juga cara makannya. Apalagi jaman sekarang udah makin berkembang, jadi makanan juga ada perkembangan dari waktu ke waktu. Awalnya Churos di Indonesia ini hanya digoreng manis, tapi sekarang ada juga yang diberi saus dark chocolate yang pasti disukai banget sama keluarga. Nah, kalo udah keliatan special kayak gitu, Bunda musti nyoba nih ngasih suguhan ke keluarga.

Resep jajan Churos ala Indonesia juga enggak susah kok. Lumayan buat teman ngumpul keluaga. Bukan cuma itu, jajanan ini juga bisa kok disuguhkan kalo ada arisan, atau agenda di rumah sama teman-teman Bunda. Dijamin rasanya juga enggak akan mengecewakan.

Kalo Bunda kepengen ngerasain Churos, ada baiknya nyoba buat sendiri di rumah. Selain lebih irit, siapa tahu bisa jadi sumber usaha jualan. Resep jajan Churos juga enggak susah, bahannya juga mudah banget didapet. Nah, berikut ini ada langkah buat jajan Churos di rumah, Bunda bisa ikutin kok langkah-langkahnya.

Bahan-bahan

  • 250 ml air
  • 50 gr margarine
  • 1sdm gula pasir
  • 150 gr terigu
  • 1/4 vanili
  • 2 butir telur ukuran kecil

Toping

  • DCC dilelehin/boleh pakai gula halus

Langkah Membuat

1. Campur air, margarine, dan gula pasir. Masak sampai mendidih.


2. Setelah mendidih, kecilkan api kompor. Masukkan tepung terigu dan vanili aduk cepat, sampai adonan halus dan kalis.


3. Diamkan adonan sampai agak dingin/hangat.

4. Kocok lepas telur, tambahkan ke adonan, aduk rata (boleh pakai tangan, biar lebih cepet kalis adonannya).


5. Masukkan ke piping bag segitiga yang udah dikasih spuit bintang.


6. Panaskan minyak, lalu cetak churos langsung di penggorengan. Goreng sampai matang.


7. Buat saus cokelatnya, saya cuman Dcc aja dilelehin, udah tinggal cocol aja deh.


8. Yummy.


9. Lihatnya aja udah gimana gitu.


10. Enak.


11. Crunchy diluar, lembut didalam.


12. Selamat mencoba ya.


Saran Penyajian

1. Nah, kalo uda matang, Bunda bisa tarok dipiring hias.

2. Siapkan gula halus atau dark chocolate (selera bunda).

3. Kemudian makan sama keluarga rame-rame.

Nah, silahkan deh Bun, dicoba resep jajan Churos untuk keluarga, temen, atau tetangga deket rumah. Langkah-langkahnya juga sederhana kok, jadi nggak bakalan bikin Bunda bingung, meskipun baru pertama kali nyoba nih resep. Pastinya, Bunda bisa asik bikin camilan di rumah kalo bingung mengisi waktu senggang.

Sumber: