Berlangganan

Resep Cap Jae Khas Jawa. Sederhana Dan Enak!



Bunda sudah pernah masak Cap Jae atau Cap Cai? Cap cai sendiri sebenarnya datang dari bahasa China loh Bun, dengan dialek Hokkian yang artinya “aneka macam sayur”. Jadi enggak kaget kalo isinya serba sayuran, tapi enggak cuma ada sayuran aja kok. Ada juga beberapa bahan tambahan seperti daging, sosis, telur, dan beberapa macam lainnya. Beberapa jenis sayuran yang biasanya ada di Cap cai adalah sawi putih sawi hijau, jagung muda, wortel, jamur kuping, dan masih banyak juga yang lainnya.

Banyak juga jenis Cap cai, salah satunya adalah Cap cai Jawa atau yang lebih sering disebut Cap Jae. Resep Cap Jae Jawa juga tidak beda dari Cap cai biasanya, hanya saja lebih menggunakan bahan yang lebih sederhana

Sekalipun menggunakan bahan yang lebih sederhana, tapi Cap Jae Jawa banyak juga disukai loh Bun. Rasanya juga tidak akan jauh berbeda dari Cap cai biasanya. Cap Jae Jawa bisa Bunda pakai untuk masakan yang sederhana, misalnya saja untuk di rumah sebagai menu makan siang. Rasanya akan sangat nikmati, apalagi kalo disantap bersama dengan keluarga. Momen kumpul keluarga bisa jadi lebih hangat lagi. Bunda enggak perlu beli Cap Jae Jawa, karena bahannya yang mudah banget didapat jadi bisa bikin sendiri di rumah. Resep Cap Jae Jawa juga enggak terlalu sulit kok Bunda.

Nah, kalo udah tahu bahan yang dipakai tidak terlalu banyak dan rasanya tetap enak, enggak ada salahnya dong Bunda nyoba masak buat keluarga di rumah. Berikut ini langkah buat bikin Resep Cap Jae Jawa yang enak di rumah.

Bahan-bahan

Bumbu:

  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 2 butir kemiri, haluskan
  • 1/2sdt lada bubuk
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm saos sambal
  • Secukupnya garam, gula, dan lada bubuk

Bahan lainnya:

Wortel

Sawi hijau

Kol, daun bawang dan seledri

Langkah Membuat

1. Kekian Palsu: campur rata semua bahan kekian palsu, goreng per 1 sdm. Iris memanjang, sisihkan.


2. Tumis bumbu halus (bawang putih dan kemiri) hingga harum. Lalu masukkan kol, wortel dan sawi hijau, aduk rata dan tambahkan sedikit air. Tambahkan saos sambal, kecap manis, garam, gula, dan lada bubuk. Terakhir masukkan kekian, daun bawang dan seledri.


3. Tes rasa dan sajikan.


Saran Penyajian

1. Letakkan pada piring saji dengan rapi.

2. Berikan irisan tomat secara melingkar, dan letakkan di bagian samping piring.

3. Cap Jae Jawa sudah siap disantap dengan keluarga.

Nah, itu dia Bunda bahan dan langkah buat bikin Resep Cap Jae Jawa di rumah. Enggak terlalu sulit kan?. Sering masak – masakan yang jarang di masak Bunda di rumah bisa bikin keluarga betah makan di rumah loh. Selain itu Bunda juga bisa lebih irit lagi karena masak sendiri di rumah. Selamat mencoba Bunda, terimakasih.

Sumber