Berlangganan

Resep Bika Ambon Pandan Tanpa Pakai Mixer. Bikin Nagih!



Bunda pasti sudah pernah denger dong kue bika ambon? Bika ambon ini makanan yang khas dari Indonesia dan dibuat dari bahan telur, gula, santan, dan beberapa bahan yang lainnya. Dulunya, bika ambon ini hadir hanya dengan rasa pandan, tapi sekarang ini sudah beda soalnya ada banyak varian rasa seperti durian, coklat, dan keju.

Karena namanya bika ambon, jangan dikira makanan ini dari daerah Ambon, soalnya makanan ini asli dari Kota Medan, Sumatra Utara. Unik sih memang, namanya ambon tapi makanan khas Medan. Kenapa namanya bika ambon?

Beberapa pendapat berkata karena pertama kali dijual dan dipopulerkan di daerah Simpang Jl. Ambon-Sei Kera Medan. Sekalipun begitu, rasa dari bika ambon yang khas banget ini bikin yang nyoba ketagihan. Apalagi kalo udah nyoba resep bika ambon pandan pasti rasanya enggak mau berhenti makannya.

Bika ambon ini jadi makanan yang khas Indonesia banget Bunda, jadi cocok aja kalo disajikan buat hajatan. Apalagi kalo di daerah Bunda jarang banget ada bika ambon pasti para tamu bakalan lebih suka lagi. Sekalipun makanan khas Indonesia, ternyata kue ini terilhami dari kue khas Melayu atau yang dikenal dengan Bika Bingka. Jajanan ini juga bisa disuguhkan ketika sedang berkumpul dengan anak-anak loh Bunda, dijamin mereka pasti suka. Apalagi kalo Bunda bikin resep bika ambon pandan sendiri, pasti lebih ekonomis.

Sebenernya bikin bika ambon pandan enggak susah kok Bunda, bahkan bisa juga enggak usah alat mixer. Jadinya juga enggak mengecewakan dan enak seperti bika ambon biasanya. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep bika ambon pandan di rumah tanpa mixer.

Bahan-bahan

  • 100 gr tepung tapioka
  • 60 gr tepung terigu protein sedang
  • 2 butir kuning telur (uk. Besar)
  • 1 putih telur
  • 125 gr gula pasir
  • 200 ml santan kental (pakai kara 35 ml campur air)
  • 1 btang serai geprek
  • 4 lmbar daun jeruk sobek2
  • 1 lmbar daun pandan
  • 1 sdm mentega cair
  • Secukupnya pasta pandan

Bahan Biang

  • 50 ml air hangat kuku
  • 1 sdt fermipan
  • 1 sdt gula pasir

Langkah Membuat

1. Masak santan,daun jeruk serai dan daun pandan sampai matang. Sisihkan sampai dingin.

2. Campur bahan biang, tunggu sampai 15 mnit smpai berbuih, klau gak berbuih ganti baru.

3. Campur santan tepung terigu dan tapioka.. Aduk sampai tdk bergerindil, masukan gula..jgn semuanya. Sisakan separo ya. Lalu masukan bahan biang. Aduk rata. Diamkan 1 jam.

4. Setelah 1 jam, bs kita lihat mengembang tdknya. Kocok telur dg gula sampai gula larut saja. Cukup berbusa sedikit.

5. Lalu masukan kocokan telur,mentega cair dan pasta pandan.diamkan lgi 1 jam.

 

6. Panaskan teflon,setelah panas baru olesi minyak. Tuang adonan. Gunakan api pling kecil.

7. Tunggu sampai 10-15 mnit, jgn ditutup.

 

8. Setelah itu baru ditutup..tp sdkit dibuka ya,msak smpai 10 mnit.

 

9. Jika lubang2 kelihatan itu tandanya bika ambon jdi.tes tusuk.

 

10. Jika sdh matang angkat dan biar kan benar2dingin.

 

11. Mngirisnya tunggu klau sdh bnar2 dingin ya. Jika msh pnas nnti seratnya rusak. Selamat mencoba.

 

Saran Penyajian

1. Kalo sudah dingin, potong sesuai selera.

2. Letakkan di piring saji.

3. Nah, bika ambon pandan sudah siap dinikmati.

Nah, itu dia bahan sama langkah buat bikin resep bika ambon pandan di rumah tanpa harus menggunakan mixer. Gampang kan Bunda? Selain irit, ternyata bikin bika ambon sendiri di rumah dapat ngebantu Bunda untuk nambah penghasilan dengan membuka usaha jualan bika ambon. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Sumber