Berlangganan

Resep Bika Ambon Ekonomis. Cukup Pake 2 Telur Saja! 👍😋



Orang Indonesia pasti udah kenal sama yang namanya Bika Ambon dong. Apalagi kalo Bunda suka sekali sama kuliner khas Indonesia. Tapi buat para Bunda yang belum tahu, Bika Ambon sendiri itu makanan asal Indonesia. Buatnya dari telur, gula, santan, dan beberapa bahan yang lainnya.

Karena perkembangan zaman, sekarang Bika Ambon udah ada macam-macam jenis rasanya dan jadi makanan favorit beberapa kalangan. Sebenernya Bika Ambon sendiri terinspirasi dari kue khas Melayu biasanya dipanggil Bika Bingka. Tapi dimodifikasi dengan bahan pengembang loh Bunda, jadi Bika Ambon. Beberapa orang kadang salah sangkah nih, dikira Bika Ambon dari Ambon padahal khas dari Kota Medan, Sumatra Utara. Banyak juga orang yang jual Ambon selain di Medan, soalnya resep kue Bika Ambon gampang juga dibuatnya.

Banyak juga yang suka sama Bika Ambon, soalnya rasanya emang enak dan khas. Nah, Bunda juga musti nyoba nih bikin Bika Ambon. Sekalipun bentuknya sederhana, tapi cocok banget kok buat acara hajatan. Bukan cuma itu, Bunda juga bisa ngasih jadi oleh-oleh, sekalipun jauh dari Kota Medan. Resep kue Bika Ambon gampang banget bikinnya jadi enggak perlu repot-repot nyari kalo mau ngasih suguhan. Bunda tinggal bikin sendiri di rumah, siapa tahu rasanya juga seenak Bika Ambon dari Medan.

Kalo belum pernah bikin Bika Ambon kadang memang ragu, tapi enggak ada salahnya buat nyoba Bunda. Bahan-bahan yang dipake buat bikin Bika Ambon juga enggak susah kok nyarinya di toko. Berikut ini nih resep kue Bika Ambon yang bisa Bunda coba di rumah.

Bahan-bahan

  • 100 gr tepung kanji/tapioka
  • 50 gr terigu
  • 100 gr gua pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdm margarine, cairkan
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 200 cc santan yang telah dimasak
  • 4 lembar daun pandan wangi, sobek ikat simpul
  • 1/2 sdt kunyit bubuk atau pewarna kuning

Bahan Untuk Biang

  • 50 ml air hangat
  • 1 sdt fermipan
  • 1 sdt gula pasir

Langkah Membuat

1. Campur bahan-bahan untuk biang. Biarkan kira-kira 15 menit hingga berbuih.

2. Masak santan dengan daun pandan dan bubuk kunyit. Aduk-aduk. Saring. Jumlah santan yang dipakai 200 ml. sebaiknya yang dimasak sekitar 275-300 ml karena nanti santan akan menguap.

3. Campur tepung kanji, tepung terigu, gula, garam, biang dan santan (separuh dulu), aduk-aduk dengan whisk sampai gua larut dan licin. Tuang telur dan sisa santan, aduk rata, masukkan margarine cair, aduk kembali sampai licin.


4. Diamkan adonan selama 1 jam. Tutup dengan lap bersih.

5. Panaskan cetakan snack maker sampai benar-benar panas (alasi bawah dengan cetakan plat besi supaya tidak cepat gosong). Tuang adonan 3/4 tinggi cetakan, biarkan sampai mengeluarkan gelembung-gelembung.


6. Jika bagian atas mulai mengering, tutup cetakan sebentar dan kue Bika Ambon bisa diambil dengan bantuan sendok.


7. Sajikan.


8. Lihat seratnya, lumayan bagus ya.


Saran Penyajian

1. Tata dengan rapi kue Bika Ambon di piring saji.

2. Berikan potongan strowberi pada bagian atas kecil saja agar terlihat lebih cantik.

3. Bika Ambon ala rumahan sudah dapat dinikmati.

Nah, gampang kan Bunda bikin resep kue Bika Ambon? Enggak harus ke Medan kan buat nyoba ngerasain Bika Ambon yang khas? Apalagi sekarang varian rasa juga udah banyak banget, jadi Bunda bisa milih Bika Ambon rasa apa yang paling favorit. Kalo keluarga udah suka, siapa tahu nanti bisa terima pesanan buat bikin Bika Ambon, lumayan untuk pemasukan. Selamat mencoba Bunda, terimakasih.

Sumber