Berlangganan

Resep Ayam Suwir Dengan Paduan Bumbu Rujak. Unik, Enak Dan Nggak Ribet



Siapa yang enggak pernah masak ayam? Tentunya para Bunda juga udah pernah dong masak ayam. Tapi tehnik buat masak ayam banyak banget loh Bunda, salah satunya yang belakangan ini sedang populer adalah ayam suwir dengan bumbu rujak.

Mungkin bagi beberapa Bunda yang belum pernah mencoba memasaknya bakalan enggak tahu rasa dan bentuknya, tapi sebenarnya ayam suwir dengan bumbu rujak ini enak banget dan rasanya unik loh Bunda. Sekalipun kurang tahu darimana asalnya, tapi masakan ini udah mulai banyak disukai diseluruh daerah di Indonesia. Masak resep ayam suwir bumbu rujak bakalan jadi menu favorit keluarga nih Bun.

Kalo Bunda masak ayam tapi olahannya begitu-begitu aja, pasti anak-anak sama suami juga bosen dan bisa jadi milih makan di luar. Padahal makan sama keluarga di rumah itu momen yang tepat untuk menghangatkan keluarga loh Bunda. Mangkannya, Bunda bisa coba masaka ayam suwir bumbu rujak buat ngasih menu yang baru, pasti semua pada suka masakan Bunda yang baru. Enggak cuma buat menu makan keluarga, tapi resep ayam suwir bumbu rujak ini juga bisa dipakai ketika Bunda ada hajatan atau sedang ada acara arisan di rumah. Kalo masak sendiri dan rasanya enak, pasti banyak yang suka dan lebih special.

Sebenarnya buat bikin ayam suwir bumbu rujak itu enggak susah kok Bun. Bahannya juga gampang banget dicari, langkahnya enggak bakalan bikin ribet jadi Bunda bisa bikin di rumah kapanpun. Berikut ini bahan sama langkahnya buat bikin resep ayam suwir bumbu rujak sendiri di rumah. Coba masak aja dulu bunda sesuai langkahnya.

Bahan-bahan

  • 500 gr fillet ayam, rebus lalu suwir
  • 1 batang serai, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 sdm gula merah
  • 1 sdm air asam jawa
  • 300 ml santan
  • secukupnya Garam

Bumbu Halus

  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 10 cabai merah keriting
  • 10 cabai rawit merah
  • 1 ruas jahe
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 butir kemiri

Langkah Membuat

1. Tumis bumbu halus, daun jeruk, serai dan daun salam hingga wangi.


2. Masukan ayam, aduk-aduk hingga ayam berubah warna.


3. Tambahkan santan, gula merah, larutan asam jawa, garam dan gula. Aduk rata.


4. Masak hingga air santan menyusut/ kering. Koreksi rasa, lalu angkat dan sajikan.


Nah, itu dia bahan sama langkah bikin resep ayam suwir bumbu rujak di rumah. Gampang kan buat dicoba sendiri di rumah. Kalo Bunda bikin sendiri di rumah, bahan dan rasanya bisa disesuaikan dengan selera Bunda, misalnya Bunda enggak ingin terlalu pedas atau justru lebih pedas bisa disesuaikan loh. Selamat mencoba, semoga bermanfaat Bunda. Terimakasih.

Sumber