Berlangganan

Resep Ayam Rica-Rica Pedas Khas Manado. Sedap Gilaa! 😁



Kadang memilih masakan yang sesuai untuk keluarga enggak selalu mudah, apalagi kalo menunya cuma itu-itu aja, pasti keluarga juga ngerasa bosen makan di rumah. Nah, Bunda butuh beberapa resep baru nih biar keluarga makin betah makan di rumah.

Salah satu masakan yang sering ditemui tapi jarang dipakai dalam masakan sehari-hari ada resep ayam rica-rica yang pedas. Menu ini cocok buat makan keluarga di rumah, apalagi kalo hampir semua suka masakan pedas. Selain bikinnya yang gampang, bahan yang dipakai juga gampang banget buat didapatin kok Bun. Jadi enggak usah khawatir kalo enggak dapat menu baru.

Sebenernya rica-rica sendiri adalah masakan Manado asli Indonesia, tapi jenisnya banyak ada bebek rica-rica, ikan mas rica-rica, sapi rica-rica, dan salah satunya ayam rica-rica. Rica sendiri berasal dari Bahasa Manado yang artinya pedas atau cabai, jadi enggak kaget dong Bunda kalo rasa masakannya sangat pedas. Masak resep ayam rica-rica di rumah bisa jadi menu baru yang disukai keluarga loh. Enggak cuma dipakai buat masakan rumah, tapi ayam rica-rica juga bisa kok Bunda buat suguhan ketika ada acara hajatan. Karena rasanya yang enak, pasti banyak juga tamu yang suka tapi sesuaikan rasa pedasnya secara wajar kalo untuk acara hajatan.

Memang lebih enak masak sendiri di rumah daripada beli loh Bunda. Selain bisa mengirit pengeluaran, Bunda juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Berapa banyak yang akan dimasak, dan seberapa selera pedas keluarga di rumah. Resep ayam rica-rica terbilang mudah kok Bunda, berikut ini bahan dan langkah yang bisa Bunda ikuti di rumah.

Bahan-bahan

  • 1/2 ekor ayam
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 cm laos (geprek)
  • 1 batang serai (geprek)
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • Secukupnya gula
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya kaldu bubuk
  • Secukupnya air

Bumbu halus:

  • 2 butir kemiri
  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 biji cabe besar
  • 20 biji cabe rawit (sesuai selera)
  • 2 cm kunyit
  • 5 lembar daun jeruk (iris kecil)

Langkah Membuat

1. Cuci bersih ayam. Lumuri dengan perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan sebentar lalu bilas bersih lagi.


2. Tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan serai dan laos.


3. Masukkan ayam, aduk-aduk rata dengan bumbu. Tambahkan air secukupnya.

4. Setelah ayam mulai matang, tambahkan gula, garam, merica, dan kaldu bubuk. Koreksi rasa. Masak hingga air menyusut.


Saran Penyajian

1. Jika sudah matang, letakkan pada mangkuk.

2. Kemudian atasnya bisa Bunda kasih bawang goreng jika suka.

3. Berikan sedikit daun seledri segar, sebagai hiasan.

4. Ayam rica-rica siap dinikmati dengan nasi hangat.



Nah, itu dia Bunda bahan dan langkah buat bikin resep ayam rica-rica, enggak susah buat dicoba kan?. Siapa tahu kalo masakan Bunda enak dan banyak disukai bisa jadi bisnis buat buka jasa memasa, lumayan untuk masukan tanpa harus meninggalkan rumah loh Bun. Selamat mencoba Bunda, terimakasih.

Sumber