Berlangganan

Resep Ayam Goreng Serundeng. Menu Favorit Baru Anak-Anak



Ayam goreng tentu jadi menu yang udah enggak asing lagi dong buat Bunda. Selain karena gampang masaknya, rasanya juga enak dan keluarga banyak yang suka. Tapi Bunda, kalo cuma sekedar masak ayam goreng biasa, lama-lama rasanya jadi bosen. Nah, Bunda bisa tuh bikin kreasi dari ayam goreng misalnya aja pake resep ayam goreng serundeng yang rasanya beda dan enak banget. Pasti keluarga di rumah makin suka. Ayam goreng serundeng sebenarnya sama aja kok sama ayam goreng biasanya, cuma ada tambahan serundengnya aja. Serundeng sendiri jadi makanan khas dari Indonesia yang biasanya sering dipakai teman lauk pauk sama nasi juga. Serundeng pada resep ini dikasih tambahan bumbu, jadi lebih enak rasanya.

Menu ayam goreng serundeng memang bukan menu sering dibuat di rumah, jadi kehadirannya cukup spesial dan bisa bikin nafsu makan keluarga makin meningkat. Enggak cuma dibuat keluarga aja Bunda, menu ini juga cocok buat acara hajatan atau sekedar arisan di rumah. Siapa tahu banyak yang suka dan Bunda bisa buka usaha, lumayan untuk tambahan penghasilan rumah, hehe....

Kalo bunda bikin serundengnya dalam jumlah banyak, bisa juga sisanya disimpen di kulkas, lumayan buat stok kalau pas lagi males masak bun, hihi. Nah, daripada penasaran, yuk langsung kita simak aja resep ayam goreng serundeng berikut ini.

Bahan-bahan

  • 4 potong ayam paha atas bawah
  • 150 gr kelapa parut (sangrai)
  • 2 lbr daun salam
  • 2 ruas lengkuas (parut)
  • Secukupnya air buat mengungkep ayam

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdm biji ketumbar
  • 2 ruas kunyit
  • 2 butir kemiri
  • Secukupnya garam, gula pasir

Langkah Membuat

1. Siapkan bahan2. Cuci bersih. Parut lengkuas.


2. Ulek bumbu halus.


3. Panaskan sedikit minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum. Masukan daun salam, lengkuas dan ayam. Tuang air. Cek rasa. Diamkan sampai ayam menyerap bumbu / sampai air menyusut (sisakan air untuk kelapa sangrai).


4. Bila dirasa cukup Angkat ayam dan sisihkan.


5. Masukan kelapa sangrai ke air bekas ungkepan ayam yg masi sisa sedikit airnya. Aduk rata.


6. Panaskan minyak di wajan lain dan goreng kelapa hingga garing kecoklatan.


7. Tiriskan. Simpan di wadah tertutup biar awet.


8. Goreng ayam hingga kuning kecoklatan. Tata di piring Beri awuran serundeng kelapa diatasnya.


9. Ayam goreng serundeng siap santap.


Itu dia Bunda bahan sama langkah buat bikin resep ayam goreng serundeng, enggak susah kan? Bahan yang dipakai juga engga terlalu banyak jadi enggak bikin ribet. Menu ini enggak bakalan bikin nyesel kok Bunda, soalnya belakangan ini juga banyak yang suka sama ayam goreng serundeng. Selamat mencoba Bunda, terimakasih.

Sumber