Berlangganan

Resep Ayam Goreng Lengkuas Khas Padang Bisa Disimpan Di Kulkas



Ayam goreng pasti sudah jadi salah satu menu makanan yang sering Bunda gunakan nih untuk keluarga. Enggak heran soalnya selain gampang, rasanya juga enak banget. Ayam goreng sendiri merupakan olahan makanan yang terbuat dari daging ayam, tapi dicampuri bumbu dan digoreng pake minyak yang panas.

Banyak banget ayam goreng khas dari Indonesia yang punya rasa beda-beda loh, misalnya saja ada ayam goreng bumbu kuning, ayam goreng kalasan, ayam goreng bumbu bacem, ayam goreng tulang lunak, dan juga ayam goreng lengkuas yang asli dari Padang. Meskipun ayam goreng lengkuas sekalipun dari Padang, tetapi banyak juga resep ayam goreng lengkuas di jual di daerah lain. Sebenarnya nama aslinya ayam goreng langkueh, dimana terbuat dari bahan rempah lengkuas yang lebih mendominasi.

Ayam goreng lengkuas banyak disukai soalnya rasanya memang khas dan enak. Bahkan makanan ini termasuk makanan yang praktis dan bisa dibuat dalam porsi yang banyak loh Bunda. Jadi bisa disimpan di dalam kulkas setelah matang, terus bisa dimasak kapanpun Bunda butuh, tinggal digoreng aja. Biasanya resep ayam goreng lengkuas ini banyak dibuat waktu akan menjelang lebaran, buat sajian keluarga pas lagi ngumpul bareng. Bisa disajiin pake sambal sama nasi hangat, rasanya pasti jauh lebih enak. Bukan cuma itu aja, Bunda juga bisa kok masak buat waktu hajatan.

Kalo mau bikin ayam goreng lengkuas, lebih enak masak sendiri di rumah Bunda. Jadi enggak perlu beli, selain lebih irit, Bunda juga bisa memperkirakan seberapa banyak kebutuhan ayam goreng yang bakalan dipakai. Nah, berikut ini resep ayam goreng lengkuas yang bisa dicoba di rumah.

Bahan-bahan

  • 1 kg paha ayam boiler
  • 200 gr lengkuas muda
  • 3 cm jahe geprek
  • 3 lembar daun jeruk sobek – sobek
  • 2 batang sereh geprek
  • 5 lembar daun salam
  • 5 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 4 cm kunyit
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sdm ketumbar
  • 1 sdm garam halus
  • Secukupnya kaldu bubuk

Langkah Membuat

1. Parut lengkuas, atau menggunakan food processor.


2. Seenarnya semua bumbu dicampur jadi satu di wajan, terus masukkan ayam dan beri air. Cukup gitu aja. Tapi saya kuatir bau langu lengkuasnya menyengat, jadi semua bumbu saya tumis sebentar dengan 2 sdm minyak goreng.


3. Ungkep ayam seperti biasa, engga usah nunggu airnya asat karena kuatir ayamnya akan hancur karena terlalu matang. Angkat ayamnya kemudian saring airnya dengan saringan kawat biar lengkuasnya bisa set.


4. Goreng dengan minya panas, apinya sedang ya. Tunggu sampai kecoklatan, angkat dan tiriskan. Terakhir goreng bumbu lengkuas dengan api kecil (sering – sering diaduk ya) angkat dan tiriskan.


5. Waktu diungkep saya cicipi ayamnya biar kalo kurang asin dapat ditambah.


Saran Penyajian

1. Tata ayam goreng beberapa potong pada piring saji.

2. Kemudian bagian sampingnya berikan bumbu lengkuas.

3. Berikan hiasan daun seledri pada bagian samping piring saji agar terlihat cantik.

4. Ayam goreng lengkuas dapat disantap.

Itu dia Bunda bahan dan langkah buat bikin resep ayam goreng lengkuas di rumah. Enggak sulit kan? Dan bahan yang dibutuhkan juga gampang dicari. Jadi Bunda enggak perlu beli ayam lengkuas, tinggal bikin sendiri. Siapa tahu keluarga di rumah justru lebih suka sama masakan Bunda. Selamat mencoba Bunda, Terimakasih.

Sumber