Berlangganan

Homemade Saus Tomat Pedas Manis



Sempat merasa panik karena banyak cerita di media kalo membuat saus itu pake tomat busuk lah di campur ini itu gak jelas lah, tapi apa pernah berpikiran mau bikin saus tomat sendiri? Membuat saus tomat homemade ini cukup mudah dan sederhana, emang sedikit ribet sih tapi ngga rugi juga kok kalo mencoba bikin saus tomat sendiri. Lebih terjamin kualitas bahan - bahan yang digunakan, lebih sehat dan jauh dari perasaan kuatir tentunya karena ngga mengandung bahan kimia kayak pewarna, pengawet, pemanis dan penyedap.

Saus tomat homemade ini bisa tahan lama sampai 3 bulan, simpan di tempat kering dan jauh dari sinar matahari, tapi alangkah baiknya kalo di gunakan dan cepat habis. Dijamin pasti bakal ketagihan terus karena rasa ngga kalah kayak saus botol kemasan yang di jual.

Ada resep untuk bikin saus tomat homemade yang recomended banget, resep milik moms JE deBloom ini patut untuk di coba.

Bahan - bahan :

  • 1 kg tomat merah segar yang tebal dagingnya
  • 100 gram cabe merah segar
  • 100 gram bawang putih, haluskan
  • 2 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit ar
  • 1 sdm garam dapur, sesuaikan selera
  • 150 gram gula pasir
  • 1 ltr air (untuk merebus tomat)
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis
  • 1 sdm garam dapur (sesuaikan selera)

Langkah - langkah :

1. Siapkan dan timbang bahan sesuai resep.

2. Didihkan air, rebus tomat, cabe merah, dan bawang putih hingga layu. Angkat dan blender hingga halus (kemasukan sedikit air gak apa-apa, nanti sambil dikeringkan pada waktu memasak). Saring.

3. Tuang tomat blender kedalam wajan, masukkan garam, aduk-aduk hingga sedikit menyusut airnya (gunakan api kecil selama proses memasak).

4. Masukkan gula dan air jeruk nipis, aduk-aduk. Masukkan tepung maizena cair dan aduk-aduk lagi hingga meletup-letup dan saus mulai mengental.

5. Tes rasa, kalau sudah cukup matikan apinya. Panas-panas masukkan kedalam botol gelas. Segera tutup botol kalau uap panas sudah hilang. Simpan di tempat yang sejuk.

6. Ini hasil jadinya Homemade Saus Tomat Asam Manis siap disajikan. Selamat mencoba... Happy Cooking


7. Warnanya cantik, merah cerah alami...


Homemade Saus Tomat Pedas Manis sudah jadi, siap untuk disajikan!



Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Jangan lupa like dan share resep ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang lainnya ya moms. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama.

Sumber