Berlangganan

Hati Ampla Kuah Asam Pedas (No msg yaa)



Musim pancaroba kayak gini, mesti jaga kesehatan loh mom. Gak cuma butuh vitamin C ya...tapi zat besi dan protein juga penting banget. Salah satu nya bisa mengkonsumsi Hati ampla. Rasanya yang unik dan lezat selalu membuat siapa aja ketagihan, mo dimasak di goreng aja terus dimakan bareng sama sambal bawang dan nasi hangat aja udah enak banget ya, tapi kalo lagi bosen di masaknya cuma digoreng mulu ya coba dibikin kuah asam pedas aja ala resep moms Ribka Arini ini. Pasti bikin ketagihan!!! Rasanya segerrr, asam, pedass, nampol lah.

Oh ya, untuk ngilangin bau amis dan langu Hati ampla sebelum dimasak, jangan lupa lumuri Hati ampla pake cuka, parutan bawang putih ato perasan jeruk nipis dulu ya terus bilas pake air mengalir baru rebus sampe empuk dan matang, tapi jangan terlalu lama merebusnya juga ya biar Hati ampla ngga jadi keras.

Kembali ke resep Hati ampla kuah asam pedas ini, ternyata bebikinnya gampang banget loh, nggak ribet, simpel, dan yang paling penting bahan-bahannya mudah di dapat serta harganya pun masih cukup terjangkau dikantong. Hasil akhirnya bu ibu senang, keluarga pun senang dan kenyang. Hehehe...

Udah penasaran masaknya? Langsung simak aja yuk cara bebikinnya...

Bahan - bahan :

  • 7 pasang hati ampla ayam
  • 8 siung bawang merah, iris
  • 4 siung bawang putih, iris
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 2 buah tomat, potong - potong
  • sesuai selera cabe
  • secukupnya gula, garam, kecap manis, minyak dan air

Langkah - langkah :

1. Rebus hati ampla hingga matang. Tiriskan. Potong - potong. Sisihkan.


2. Tumis bawang - bawangan hingga harum. Masukan : daun jeruk, jahe, tomat, cabe dan air. Didihkan 5 menit.

3. Baru masukan hati ampla. Beri gula garam. Pastikan jumlah air nya cukup untuk merendam hati ampla nya ya. Jadi kalo kurang, tambahkan. Aduk pelan - pelan sebentar saja. Biarkan air menyusut sedikit dan tomat agak hancur.

4. Jangan sering - sering mengaduk ya. Nanti hati bisa hancur (hancur hatiku). Makanya aduk sesekali aja. Setelah kuah sedikit menyusut beri sedikit kecap. Test rasa. Angkat...

5. Angkat dehhhh..aromanya makkk edannnn!


6. Magicom nya di jejerin sama piring yak..biar gampang nambah - nambah nasi nya. hihi


Hati Ampla Kuah Asam Pedas (No msg yaa^^) sudah jadi, siap untuk disajikan!

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Jangan lupa like dan share resep ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang lainnya ya moms. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama.

Sumber