Berlangganan

Tips dan Cara Membuat Bakso Ayam Yang Enak Dan Kenyal



Bakso itu emang ngga pernah lekang oleh waktu ya, siapa aja pasti gemar untuk menyantapnya. Dari anak kecil sampai orang dewasa aja suka. Kalo harus membeli bakso, kadang belum puas menikmatinya tapi sudah habis. Makanya, mending kalo membuat sendiri saja dirumah, gampang dan ngga ribet kok. Dan pastinya bisa nambah sesuka hati, hehe.

Resep Bunda Fitri Sasmaya ini silahkan dicoba. Oh ya, berikut disertakan juga tips untuk mendapatkan bakso yang kenyal, antara lain pastikan adonan bener–bener halus dan menyatu, takaran bahan-bahan juga harus pas. Rebus dengan api sedang saja, setelah matang langsung celupkan bakso ke air es. Hal ini diperlukan untuk menghentikan proses pematangan dari bakso sehingga ngga jadi terlalu lembek.

Nah kali ini kita akan mengulas resep bakso Ayam, yang bahannya lebih mudah didapat serta lebih murah dibadning bakso sapi.  Yuk langsung aja kita simak resep berikut ini:

Bahan-bahan :

  • 500 gram daging ayam tanpa tulang ( saya pakai daging dada ayam )
  • 50 gram es batu, hancurkan halus
  • 80 gram tapioka(sekitar 8 sdm)
  • 1 buah putih telur
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdm bawang putih bubuk ( bisa pakai 2 atau 3 siung bawang putih fresh )

Langkah – langkah :

1. Potong - potong daging lalu masukkan ke food processor, proses hingga halus. Masukkan juga es batunya. Proses lagi sampai halus. (saya pakai daging ayam yang di frozen semalaman, lalu dibiarkan suhu ruang, baru di haluskan.


2. Tambahkan putih telur.


3. Tepung tapioka, garam, merica, baking powder, bawang putih bubuk. Proses lagi sampai tercampur rata dan bener - bener halus.


4. Ambil adonan secukupnya, lalu bulat - bulatkan.


5. Didihkan air, kecilkan api, lalu masukkan bulatan – bulatan bakso, tunggu semua selesai dibentuk. Besarkan api tunggu sampai bulatan – bulatan bakso mengapung.


6. Angkat, celup di air es, tiriskan.


Gampang kan bunda? sangat simpel, higienis dan sehat. Pasti keluarga, terutama anak – anak akan suka. Emang buatan sendiri itu bebaas dari rasa was–was dan rasa kuatir karena semua bahan terjamin kualitasnya, dan bebas dari bahan pengawet, terutama boraks. Selamat mencoba dan selamat berkumpul dengan keluarga, menikmati semangkuk bakso hangat. Share resep berikut ke saudara yang lain juga ya bunda.

Sumber