Berlangganan

Semur Bola - Bola Daging. Lembut Dagingnya, Mudah Dikunyah. Favorit Anak-anak



Masakan dengan bahan dasar daging giling emang ngga pernah ada matinya. Selalu muncul ide - ide baru yang membuat khasanah masakan dari daging yang di giling ini semakin kaya aja. Daging giling emang termasuk bahan yang praktis, ngga membutuhkan waktu yang lama untuk memasaknya, harganya relatif terjangkau, dan udah pasti enak rasanya dijadikan masakan apa aja. Tak heran kalo buibu senang membelinya jadi stok bahan masakan untuk dimanfaatkan kapan aja, terutama di saat - saat darurat.

Oh ya... walo udah digiling juga tapi tetap aja daging ini mengandung protein tinggi, zat besi, juga vitamin kayak B6 dan B12. Protein dari daging sapi banyak manfaatnya bagi kesehatan, terutama bagi yang punya anak - anak yang masih sedang dalam masa pertumbuhan. Emang sih daging mengandung lemak jenuh tapi kalo ngga dikonsumsi secara berlebihan tentu masih aman – aman aja dan ngga akan membahayakan kesehatan kok. Hehehe...

Nah ... untuk kali ini, daging gilingnya akan dimasak jadi masakan yang istimewa banget, yaitu dibentuk jadi semur bola - bola daging lalu dibumbui dengan cengkih dan pala. Rasanya sungguh lezat dan aroma rempahnya begitu nyata menggoda serta pastinya menggoyang lidah.

Berikut resep bunda Fitri Sasmaya tentang membuat semur bola- bola daging yang recommended banget untuk di coba di rumah, langsung simak aja yuk.

Bahan – bahan :

  • 700 gram daging
  • 1500 ml air
  • secukupnya kecap manis
  • 4 lembar daun Salam
  • 1 cm lengkuas
  • 1 cm Jahe
  • 4 butir cengkeh
  • 1 sdm Gula merah
  • secukupnya garam

Bumbu daging giling:

  • 1/2 buah bawang bombai, potong - potong
  • 1 sdt garam

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm Ketumbar
  • 4 buah Kemiri
  • 10 buah bawang merah
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1 sdt merica bubuk

Langkah – langkah :

1. Giling daging sampai halus, tambahkan 1 sdt garam dan bawang bombai. Giling lagi. Sisihkan.


2. Didihkan air lalu buat bulatan - bulatan besarnya tergantung selera ya.


3. Rebus sampai matang.


4. Tumis bumbu halus tambahkan daun salam, lengkuas, cengkeh dan jahe. Tumis sampai harum dan matang. Masukkan bola - bola daging, beri gula garam, kecap dan tuang air sisa rebusan bola daging ( ambil kira - kira 500ml saja ) Aduk - aduk sampai air menyusut, cicipi rasa, angkat.


5. Sajikan dengan nasi putih hangat.


Kalo udah di catat bahan – bahan dan cara pembuatannya, jangan lupa langsung di coba di rumah ya bunda dan jangan lupa berbagi resepnya ke yang lainnya. Selamat mencoba.

Sumber