Berlangganan

Sate Telur Gulung Crispy Ekonomis Isi Sosis | 1 Resep Jadi 24pcs



Ini jajanan nostalgia yang jadi favorit sampai sekarang. Teksturnya kriuk. Mantap banget dilahap hangat-hangat nyaaam!. Sudah bikin bolak-balik-bolak dengan aneka isian sih.. Tapi akhirnya baru kesampaian buat nulisin resepnya. Yang jelas, harus dibaca hatam resep dengan tips-and-trick dari Bunda Wardat El Ouyun ini biar anti gagal trialnya.. Ok selamat mencoba semoga bermanfaat. Berikut bahan dan resep, serta tips dalam membuat Telur Gulung Crispy:

Bahan-bahan:

  • 4 butir telur
  • 90 ml air
  • 1 blok kaldu ayam
  • 1 sdt garam
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 24 tusuk sate, pastikan salah satu ujungnya diserut lebih kecil sedikit ya
  • 3 buah sosis. Potong jadi dua. Masing-masing potongan belah empat. Jadi 1 sosis bisa dapat 8 potong. Total 24 potong

Untuk Menggoreng:

  • Secukupnya minyak goreng
  • Rantang tebal atau panci seukuran rantang untuk menggoreng. NOTE: sengaja pake rantang biar minyak lebih irit

Langkah-langkah:

1. Ambil satu potongan sosis, tusukan di tusukan sate pelan-pelan. Pastikan sebagian ujung tusuk satenya lebih pipih sehingga potongan sosis bisa masuk semua dengan sempurna. Lakukan sampai habis. Sisihkan.


2. Masukan sisa semua bahan ke dalam wadah yang ujungnya lancip atau yang bercorong, agar nanti mudah saat menuangkannya.


3. Selanjutnya, kocok telur sampai rata. Pastikan adonan tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.


4. Tempatkan rantang diatas kompor, tuangi minyak sampai 3/4-nya. Pastikan ketika tusuk satenya dicelupkan ke dalam minyak, sosisnya terendam semua ya.


5. Selanjutnya panaskan minyaknya dengan api sedang sampai benar-benar panas. Lalu celupkan 1/2 batang tusuk sate dengan tetap dipegang, diamkan sebentar sampai sosis matang.


6. Lalu dengan posisi tusuk sate masih terendam di minyak, tuang kocokan telur secukupnya sambil diaduk-aduk dengan arah melingkar pakai tusuk sate. Gulung secepatnya ke pinggir rantang untuk membantu telur tergulung dengan rapi. Setelah berwarna kuning keemasan. Angkat


7. Lakukan proses mengoreng sampai selesai. Tata sate telur-sosis di atas tisu makan.


8. Jika suka, potong gagang sate lebih pendek lagi. Jadi lebih rapi dan gak terlalu kepanjangan.


9. Sajikan hangat-hangat dengan saos sambal ataupun mayonnaise sesuai selera.


10. TIPS DAN TRICK: Setiap kali akan menuangkan adonan telor ke minyak, sebaiknya selalu dikocok terlebih dahulu, karena kalau tidak sering-sering dikocok, adonan putih telur akan mengendap dibawah, jadinya nanti kurang bagus hasilnya, jadi kurang bersarang dan menggumpal, juga jadi tidak crispy.


11. Kenapa sih nggorengnya kok pake rantang? Alesannya biar lebih irit aja sih. Karena wajan cekung di rumah adanya ukuran jumbo..Mau pake panci juga kegedean. Haish... bisa tambah boros minyak kan. Makanya rantang nasi, rantang susu yg ukurannya mini jadi sasaran buat penggorengannya dah hehe..Monggo ditiru :D


Selamat mencoba ya bunda, semoga berhasil!

Sumber