Berlangganan

Resep Telur Asin Pedas Super Praktis by Imih


Setelah menjalanin proses perendaman selama 2 minggu, akhirnya dipanen juga. Hasilnya memuaskan dan asinnya pas. Beraroma bawang putih, kuningnya berminyak dan pastinya masir..

Berbeda dengan kebanyak cara membuat telur asin yang kita kenal, Bunda Imih membuat telur asin sendiri di rumah dengan cara yang sangat praktis, yaitu cukup direndam di dalam toples! Caranya sangat mudahdan simpel. Bunda juga nggak perlu repot-repot lagi melumuri telor dengan abu gosok atau bubuk batu bata. Rasanya juga terasa lebih istimewa karena diberi tambahan bumbu bawang putih dan cabe.

Telor asin ini termasuk lauk atau panganan yang bersifat praktis dan dapat dipadukan dengan berbagai masakan, kayak nasi jamblang dan nasi lengko, ataupun hanya teman makan nasi putih hangat, bahkan bisa pula dimakan tanpa nasi. Telur asin juga bisa digunakan untuk bekal teman diperjalanan, karena sifat telor asin yang tahan lama, jadi tidak repot harus menghangatkan ataupun takut basi.

Bahan – bahan :

  • 10 butir telor bebek atau ayam ( cuci bersih )
  • 5 siung bawang putih ( geprek )
  • 10 buah cabe rawit merah ( uleg kasar atau iris sesuai selera )
  • Air matang suhu ruangan ( secukupnya. Cukup untuk 10 telor terendam secara sempurna )
  • Garam halus atau kasar 250gram

Cara membuat :

1. Larutkan garam di air matang. Bawang putih dan cabe ( yang mau polosan bisa diskip ya untuk bahan yang ini ).


2. Masukkan telor. Tutup secara sempurna. Simpan selama 2 minggu.


3. Setelah 2 minggu, cuci bersih lagi telor yang sudah direndam.


4. Rebus kurang lebih 30menit.


5. Angkat, dinginkan dan sajikan.



Resep dari bunda imih itu versi simpel banget, jadi patut untuk di coba. Karena kalo untuk versi pembuatan telor asin yang konvensional biasanya menggunakan serbuk batu-bata atau abu gosok yang dicampur dengan air dan garam kemudian Telor dibungkus satu persatu dan masukkan ke tempat penyimpanan dan simpan selama 7 hari.

Berbicara tentang telur asin, telur yang terbuat dari telur bebek ini memiliki rasa gurih dan asin yang tentu saja memanjakan lidah penikmatnya. Telur asin sendiri merupakan salah satu makanan yang diawetkan sehingga dapat disimpan hingga berhari-hari tanpa takut basi, masa kadaluwarsa telur asin bisa mencapai satu bulan (30 hari).

Nah... penghasil utama telor asin yang terkenal adalah kabupaten Brebes, Jawa Tengah.Industri telur asin di Brebes cukup meluas hingga tersedia berbagai pilihan kualitas telur asin. Masing-masing produsen memiliki cap sendiri-sendiri yang biasanya dapat dilihat pada kulit telur. Walaupun selera orang berbeda-beda, telur asin yang dinilai berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri bagian kuning telur berwarna jingga terang hingga kemerahan, "kering" ( jika digigit tidak mengeluarkan cairan ), tidak menimbulkan bau amis, dan rasa asin tidak menyengat.

Silahkan dicoba resepnya ya bun. Dan jangan lupa berbagi ke saudara ataupun teman – teman lainnya. Indahnya berbagi :)

Sumber