Berlangganan

Resep Selat Solo Segar Ala Restoran Solo



Resep Selat Solo adalah salah satu menu warisan leluhur. Iya Bunda, resep yang satu ini memang salah satu resep khas nusantara. Rasanya bener-bener nikmat dan segar. Bahkan, di beberapa restoran yang ada di Solo nih, menu yang satu ini dibandrol dengan harga yang cukup fantastis.

Resep Selat Solo disuguhkan persis seperti asinan tapi ditambah daging didalamnya. Bukan cuman itu, makanan ini juga mirip dengan steak daging, namun cara menghidangkannya sedikit berbeda yaitu ditambah dengan salad sayuran. Nah, kalo pengen cicipin menu yang satu ini, Bunda paling nggak harus main ke kota Solo. Pun mencari menu yang bener-bener enak bakalan susah, apalagi kalo pertama kali singgah di Kota Solo. Akan jauh lebih sederhana dan enak kalo Bunda bikin sendiri di rumah loh.

Resep Selat Solo dibikin dengan beberapa isi jenis sayuran, termasuk wortel, selada, buncis, timun, kentang goreng, daging, juga telur kecap. Dalam menu tersebut juga ada bumbu kuah supaya nanti tinggal disiramin deh di bagian atas makanan. Bicara tentang kuah Selat Solo, rasanya mirip seperti kuah semur Bun, atau mayones buatan dengan citarasa yang seger tapi sedikit asam.

Selat Solo adalah menu yang paling gampang dicari ketika Bunda sedang berkunjung ke Kota Solo, selain itu ke Surakarta. Menu spesial yang sudah masuk ke ranah bisnis restoran ini ternyata jenis menu unggulan lho. Nah, daripada merogoh kocek yang lumayan dalam untuk beli seporsi, bakal lebih seru aja kalo Bunda cobain Resep Selat Solo di rumah, kerena tinggal coba aja ikuti langkah-langkah membuatnya berikut.

Bahan-bahan:

  • 300 gram daging sapi (bagian has dalam)
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt kaldu sapi
  • 1 sdm margarin
  • 4 sdm kecap manis
  • 3 butir telur ayam rebus (saya 6 butir)
  • 1 liter air
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/4 biji pala,utuh
  • 150 gram tomat merah, potong2 kecil (1 buah ukuran besar)
  • Bumbu Halus Resep Selat Solo
  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Pelengkap Resep Selat Solo
  • Acar ketimun dan bawang merah secukupnya
  • Daun selada secukupnya
  • Wortel dan buncis rebus secukupnya
  • Kentang goreng secukupnya
  • Keripik kentang secukupnya
  • Irisan tomat secukupnya
  • Mayones secukupnya

Cara Membuat:

1. Iris daging melawan serat setebal 1 cm melebar Lumuri dengan garam dan merica diamkan 15-20 menit hingga meresap.


2. Panaskan margarin tumis bumbu halus hingga harum dan matang Masukkan daging dan kecap.


3. Masak hingga daging berubah warna.


4. Masukkan telur tomat dan air, Tambahkan pala dan bumbu lain.


5. Tutup panci dan masak dengan api kecil sampai bumbu meresep dan kuah menyusut. Angkat daging pisahkan kuahnya saring kuah nya jika mau lebih bening(saya skip langkah ini).


6.Tata daging dan pelengkapnya di piring tuangi kuah semur daging.


Resep Selat Solo sebenernya nggak susah kok Bun bikinnya. Bunda tinggal ikuti aja resep di atas secara urut. Bukan cuman itu, bahan-bahan yang Bunda pilih sebaiknya bahan yang masih segar, baru dibeli, sehingga kualitas makanannya jadi lebih bagus dan mengolahnya jadi terasa lebih nikmat. Bunda juga bisa menyajikan resep tersebut dengan tambahan kentang goreng supaya terasa gurih, ditambah sensasi segar, asam dan manis. Selamat mencoba ya, Bun!

Sumber