Berlangganan

Resep Sayur Bening Bayam Wortel. Sehat Dan Bergizi



Resep Sayur Bening Bayam Wortel adalah salah satu menu yang paling praktis ketika Bunda bingung menu apa yang ingin disajikan saat waktu sedang benar-benar mepet. Ya, Bunda yang harus bekerja, menyiapkan sarapan untuk anak yang hendak sekolah mungkin bakal kesusahan dan selalu putar otak untuk mencari menu yang praktis. Ketimbang masakin anak mie instan atau telur mata sapi tanpa sayur, akan lebih bagus kalo Bunda menyajikan sayur bening bayam ditambah wortel.

Sayur bayam sangat bemanfaat untuk tubuh. Jenis sayuran yang satu ini memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, loh Bun. Itulah kenapa ketika Bunda memasak sayur bayam, tidak boleh dipanaskan, dan paling lambat harus dihabiskan sekitar 2 jam. Nah, kalo lebih dari dua jam, zat besi dalam sayur bayam sudah berubah jadi fero atau juga logam berat. Fero atau logam berat ini bisa jadi racun untuk tubuh Bunda. Jadi, kalo masak sayur bayam pastikan langsung habis, ya Bun.

Resep Sayur Bening Bayam Wortel memang cukup sederhana, nggak sulit dibikin, dan bener-bener praktis dibuat. Selain ditambah dengan wortel, Bunda bisa kok menambahkan bahan lainnya seperti jagung. Ya, Bunda tinggal sesuaikan aja dengan selera. Sayur Bayam selain praktis juga memiliki rasa kuah yang segar, cukup emnggugah selera terutama saat cuaca sedang panas. Sayur bayam juga bisa disuguhkan untuk si kecil yang sedang belajar makan makanan halus atau keras. Untuk keluarga, Bunda bisa menyajikan sayur bening bayam dengan nasi, ditambah tempe atau tahu goreng. Bahkan, sayur bayam masih terasa segar meskipun disuguhkan hanya dengan sambal dan ikan asin, loh.

Bahan-bahan:

  • 1 buah wortel
  • 1 buah jagung manis
  • 1 genggam bayam
  • 3 iris temu kunci
  • 1000 ml air
  • gula pasir secukupnya
  • garam secukupnya
  • 1 batang seledri
  • 1 buah tomat, potong 4
  • 3 buah bawang merah, iris2

Cara Membuat:

1. Siapkan semua bahan dan bumbu. Cuci bersih, Potong2 semua bahan


2. Siapkan panci, beri air biarkan mendidih masukkan bawang merah dan temu kunci, jagung manis tunggu sampai jagung matang, tambahkan wortel tunggu wrtel empuk masukkan tomat, Beri gula garam, cicipi rasa. Matikan api. Lalu tambahkan daun bayam juga seledri. Aduk2, angkat. (Kenapa saya matikan api baru bayam d masukkan, karena saya pakai bayam yg biasa d bikin salad, bayamnya sangat lembek, jd sekali celup juga udah empuk, jika memakai bayam seperti di indonesia, masukkan bayam bersama wortel ya)


3. Sajikan. Saya suka makan sayur ini dengan sambal bawang. Cabe bawang mentah d haluskan beri gula garam lalu disiram minyak panas. Yummy.


4. Bagi teman2 yang belum tahu temu kunci, ini sy sertakan gambarnya ya. Gambar saya ambil dari globalfoodbook.com


Nah, itulah Resep Sayur Bening Bayam Wortel yang bisa Bunda coba. Sajikan ketika masih panas atau sedang hangat supaya rasanya benar-benar menggugah selera. Selain itu, pastikan sayur bayam, wortel, atau juga jagung yang Bunda tambahkan masih dalam kondisi yang segar, supaya kandungan vitamin didalamnya masih banyak. Selamat mencoba ya, Bun!

Sumber