Berlangganan

Resep Sate Sapi Bumbu Kelapa Yang Bikin Perut Keroncongan



Resep Sate Sapi Bumbu Kelapa ini emang bener-bener berbeda dari resep-resep sebelumnya. Makanan yang satu ini emang sih masih menu khas Jawa Timur, tapi bisa dicoba kok di rumah Bunda. Sate ini cukup unik, sedikit berbeda dengan menu sate lainnya. Yap, sebab cara memasaknya adalah dengan dibakar setelah dicampur atau diolesi dengan kelapa parut. Nggak kebayang kan gimana wanginya proses pembakaran sate? Aromanya yang kuat tentu bakal bikin perut siapapun yang mencium aromanya bakal keroncongan, Bun.

Untuk pecinta sate, Resep Sate Sapi Bumbu Kelapa ini wajib dicoba. Dalam bahasa Jawa, menu ini sering dikenal sebagai “Sate Klopo” karena cara memasaknya pakai kelapa yang udah disangrai atau udah ditambah dengan berbagai bumbu. Bukan cuman itu loh, Bun, cara membakarnya juga sedikit unik dan berbeda dari sate lainnya. Soalnya, sate ini nggak dibakar sampai kering layaknya sate yang lain.

Resep Sate Sapi Bumbu Kelapa ini juga gampang dimodifikasi. Nah, kalo daging sapi lagi mahal dan Bunda pengen cobain pakai daging yang lain, Bunda bisa kok pakai bahan utama daging ayam, atau usus ayam. Supaya hasilnya bener-bener empuk dan nikmat, memilih dagingnya juga harus hati-hati loh, Bun. Soalnya, tekstur daging untuk Sate Bumbu Kelapa harusnya yang empuk.

Kalo mau beli sate bumbu kelapa yang enak, Bunda harus ke Surabaya nih. Mampir saja di “Sate Klopo Ondomohen” milik Bu Asih. Selain terkenal, warung Bu Asih ini bener-bener rame. Bahkan, Bunda harus rela antri demi mencicipi dan membayar rasa penasaran Bunda. Nah, kalo nggak mau jauh-jauh ke Surabaya, waktunya Bunda coba sendiri deh di rumah. Berikut bahan-bahan dan cara membuat Resep Sate Sapi Bumbu Kelapa yang nikmat.

Bahan-bahan:

  • 300 gram daging sapi
  • 1 sdt nanas parut
  • 100 gram kelapa parut, sangrai
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 cm lengkuas
  • Bumbu halus:
  • 5 buah bawang merah
  • 2 buah bawang putih
  • 2 buah kemiri
  • 1/4 sdt kunyit bubuk
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • Secukupnya gula pasir
  • Secukupnya garam

Cara Membuat:

1. Potong dadu daging sapi lalu lumuri dengan nanas parut diamkan maksimal 30 menit. (Jika lbh dari itu daging akan sangat empuk dan hancur setelah matang)


2. Sangrai kelapa parut sampai matang.

3. Tumis bumbu halus daun jeruk lengkuas sampai matang. Matikan api.


4. Masukkan kelapa parut sangrai dan daging sapi aduk rata, diamkan 15-20 menit agar bumbu meresap.


5. Ambil tusuk sate, tusukkan daging d tusuk sate 4 atau 5 potong daging.


6. Panggang sampai matang, sajikan.


Resep Sate Sapi Bumbu Kelapa harus dicoba ya, Bun. Mau disajikan saat punya hajatan, punya acara spesial bareng keluarga, atau cuman untuk menu segar saat long weekend. Pastinya, citarasa resep yang satu ini benar-benar bikin ketagihan karena kelapa yang disangrai dan ditambah dengan bumbu istimewa. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya Bun!

Sumber