Berlangganan

Resep Praktis Pempek Lenggang Palembang. Sederhana Tapi Enak!



Resep sederhana dari bunda Novalia Rika ini bisa menjadi pilihan Cemilan simple dikala hujan cocok banget. Ini versi lain dari pempek palembang / bangka. Di jamin bunda dan keluarga suka banget, bisa dibuat hanya sekedar di goreng untuk camilan  ini resep Pempek Lenggang Palembang Sederhana Asli Enak.

Pempek lenggang adalah sejenis telur dadar yang diberi potongan pempek lenjer atau pempek bakso bulat didalamnya digoreng dan bisa dibakar atau dipanggang atau ada juga yang membuat potongan kecil pempek lenjer yang di di celupkan ke dalam telur yang sudah di kocok dan sudah berbumbu garam sedikit saja. Kelihatannya sederhana, namun rasanya begitu lezat sekali karena di atas pempek di taburi dengan irisan mentimun.

Jenis resep pempek palembang ini memang belum terlalu populer atau terkenal dibanding pempek telor atau pempek kapal selam, pempek lenjer, dan pempek adaan. Jadi sedikit kesulitan menemukan jenis empek-empek ini di kota-kota luar Palembang, Sumatera Selatan, sebut saja Bandung, Bali, Surabaya, dan kota-kota lainnya tapi jika bunda kangen pengen makan pempek lenggang atau ingin sekedar mencoba membuatnya untuk keperluan konsumsi sendiri dan keluarga.

Ada dua versi pempek lenggang yang pertama pempek lenggang bakar dengan cara dipanggang dibara api menggunakan daun pisang dan cara yang kedua yaitu pempek lenggang goreng dengan cara digoreng sederhana. Menurut saya sama-sama lezat dan sama-sama lembut dan empuk makin sedap jika ditambah dengan cuko pedas dan kental.

Pasti sudah bikin kepingin mencicip enaknya , Dari pada ngiler beneran mendingan langsung aja bunda kita buat pempek lenggang yang satu ini, berikut ini adalah langkah - langkah membuat lezatnya pempek lenggang Palembang.

Bahan-bahan :

  • 2 butir telur (telur ayam/bebek)
  • 1 buah pempek lenjer / panjang
  • 1/2 sdt garam
  • Bahan pelengkap :
  • 1 buah timun
  • 100 ml cuka jadi
  • secukupnya bawang goreng (boleh skip)

Langkah – langkah :

1. Kocok telur bisa dengan garpu/balon whisk hingga agak berbuih


2. Masukkan potongan pempek yang sudah digoreng


3. Goreng seperti dadar telur biasa


4. Siram bumbu cuka pempek dan irisan timun


Sudah jadi bunda, tinggal menikmati cemilan pempek lenggang nya, selain langsung di cemil bisa di nikmati dengan nasi loh bunda. Jangan lupa bunda, di bagikan ya ke teman. tetangga ini resepnya, semoga bermanfaat untuk sesama. Happy cooking

Sumber