Berlangganan

Resep Nasi Kuning Praktis Dan Gurih Pakai Magicom / Rice Cooker



Ngomong-ngomong, kenapa sih nasi kuning identik dengan hajatan, acara syukuran, atau perayaan tertentu termasuk ulang tahun? Nasi kuning ini memang melambangkan emas. Makna simbolis nasi kuning ya memang berkaitan dengan simbol kemakmuran, keberuntungan dan juga kekayaan siapapun yang sedang merayakan. Enggak heran ya, kenapa resep nasi kuning selalu jadi andalan untuk yang sedang berbahagia.

Walaupun nasi kuning dikenal di berbagai daerah, ternyata resep yang satu ini lebih dikenal makanan khas jawa. Penyajiannya juga cukup unik. Bunda mungkin sudah sering melihat tampilan nasi kuning yang disuguhkan dengan bentuk cone atau tumpeng. Seiring jalannya waktu, bentuk cetakan nasi kuning mulai bervariasi, jadi nggak cuma kerucut aja. Bunda bisa kok cari cetakan nasi kuning di pasaran dengan bentuk lain, seperti kotak atau bulat. Ada juga yang dicetak dengan bentuk love.

Bukan cuma bentuknya aja nih yang bervariasi, resep nasi kuning juga hadir dengan pelengkap yang bervariasi juga seperti mie goreng, perkedel, telur dadar iris, sambal goreng, tempe goreng, ayam kecap, urap-urap, atau bahkan kerupuk. Istilahnya sih suka-suka yang bikin. Nggak sedikit Bunda yang melihat tampilannya sudah mundur duluan untuk mencoba, sebab terkesan ribet, banyak campuran, dan banyak yang harus disiapin.Padahal, pembuatan nasi kuning tidak seribet yang Bunda bayangkan kok. Ya, Bunda bisa mencoba di rumah membuat kreasi dan penyajian nasi kuning yang praktis.

Nah, penasaran kan gimana cara bikin resep nasi kuning yang gurih, enak dan praktis? Kali ini, Bunda bisa coba sendiri resep berikut di rumah. Resep berikut bener-bener praktis soalnya Bunda bisa bikin nasi kuning tanpa pakai panci pengukus. Yup! Bunda tinggal menggunakan Magicom atau Rice Cooker lho!

Nah, gimana Bunda? Kayaknya lebih seru buat bikin surprise suami atau anggota keluarga yang lain yang sedang merayakan ulang tahun, atau sekedar eksperimen aja. Bahan-bahan yang diperlukan juga gampang dicari kok. Bikin nasi kuning sesuai porsi yang dibutuhkan, cetak dengan bentuk love, dan kasih surprise ketika suami pulang atau keluarga sedang berkumpul jadi lebih seru pastinya! Untuk yang sedang berulang tahun, Bunda bisa kok bikin resep nasi kuning yang dibuat seperti kue ulang tahun. Jadi, semua tergantung kreativitas masing-masing aja. Bunda bisa mengembangkan panduan atau resepnya sesuai selera. Selamat mencoba ya, Bun! Semoga berhasil!

Bahan-bahan:

  • 6 cup beras (pakai takaran magicom)
  • 1 kotak santan Kara
  • Air secukupnya (sediakan air untuk memasak beras)
  • 1 batang sereh yang sudah digeprek
  • 2 lembar daun salam
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • Garam secukupunya
  • Kunyit secukupnya

Cara Membuat Nasi Kuning Praktis

1. Cuci beras terlebih dahulu. Letakkan di wadah magicom. Masukkan salam, sereh, garam, air jeruk nipis, dan santan kara. Haluskan kunyit dengan cara diulek dan diberi sedikit air, kemudian disaring. Air kunyit dicampur kedalam beras.


2. Tambahkan air sesuai yang dibutuhkan untuk memasak beras, kemudian aduk sampai rata. Cek rasa dan pastikan garamnya sudah sesuai selera. Tekan tombol cook pada magicom dan masak seperti masak nasi. Aduk sesekali. Jika sudah matang, aduk nasi dan hidangkan.


Saran Penyajian Resep nasi kuning:

1. Tambahkan perkedel kentang, ayam goreng, irisan telur dadar, kentang, dan hiasan lainnya termasuk timun, cabe merah, daun kemangi serta seledri.


2. Siapkan cetakan tumpeng kecil dan masukkan nasi kuning. Gunakan sendok untuk menekan. Terus isi nasi kuning sampai penuh dan tekan sampai rata.


3. Cetakan dibalik di atas piring, dan kemudian angkat perlahan. Nasi kuning Bunda siap dihias loh.


4. Nah, selamat menghias nasi kuning Bunda.

Sumber