Berlangganan

Resep Nasi Kebuli. Enak Dengan Aroma Rempah Yang Menggoda



Resep Nasi Kebuli selalu bikin yang denger langsung keroncongan. Pertama kali bicara tentnag nasi kebuli, pasti Bunda sudah bisa bayangin tuh rasanya yang gurih, daging kambingnya yang enak, ditambah aroma rempah yang wangi, dan masih banyak lagi. Mungkin Bunda juga bakal langsung kebawa nuansa Arab atau Betawi.

Iya, memang Nasi Kebuli ini paling sering disajikan dengan daging kambing. Beberapa Bunda juga nggak keberatan mengganti bahan utamanya dengan daging ayam atau daging sapi. Belum lagi ditambah kadu, rempah-rempah dan campuran lainnya sampai bisa jadi nasi yang bener-bener gurih. Duh, bikin laper kan?

Karena sajian ini adalah sajian khas Timur Tengah, dulunya, kemudian masuk sebagai kuliner Nusantara, Nasi Kebuli dibuat dengan kaya rempah ketika diolah. Sebab, nasi kebuli dibuat dengan dicampur kaldu daging kambing, bahkan masih di campur dengan susu kambing, minyak samin dan bisa juga disajikan dengan daging kambing goreng atau juga sate kambing, loh Bun.

Nah, kenapa Bunda wajib coba Resep Nasi Kebuli? Siapapun yang suka daging kambing, pasti nggak bakalan tahan dengan aromanya yang begitu menggoda. Siapapun yang mencium aromanya, pasti nggak sabar untuk mencicipi.

Kalo penasaran nih, Bunda nggak perlu kok pergi cari Kampung Arab di sekitar tempat tinggal, Bunda. Bunda tinggal coba nih resep di bawah, dengan rasa yang bener-bener dijamin enak. Nah, kalo nggak suka dengan daging kambing, Bunda tinggal ganti aja dengan daging yang lain, misalnya sapi atau ayam. Resep Nasi Kebuli pun bisa disuguhkan sesuai selera ya, Bun.

Bahan-bahan:

  • 2 gelas takar beras @160 gram/gelas
  • 200 gram daging kambing, potong2
  • 400 ml air (sesuaikan jenis berasnya)
  • 1 sdm bubuk kari instant
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 batang kayu manis

Bumbu rempah(blender):

  • 1 buah bunga lawang/pekak
  • 1 buah kapulaga, ambil bijinya
  • 3 butir cengkeh
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • 1/4 sdt jintan

Bumbu Halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 4 buah bawang merah
  • 1 sdt kunyit
  • 1/2 sdt lada halus
  • 1 sdt ketumbar halus
  • 1/2 sdm garam (sesuai selera)

Pelengkap:

  • Telur dadar
  • Emping goreng
  • Bawang merah goreng
  • Kacang tanah goreng/kacang mete goreng

Cara Membuat:

1. Rebus daging dengan air secukupnya sampai daging setengah matang. Angkat sisihkan.


2. Panaskan minyak tumis bumbu halus sampai harum tambahkan bumbu rempah halus tumis kembali sampai matang


3.Tambahkan air biarkan mendidih lalu masukkan daging, masak sampai matang. Matikan api


4. Cuci beras dan masukkan ke rice cooker lalu tuang air rebusan daging beserta dagingnya aduk2, (saya total cairan 350 ml ya, sesuaikan dg jenis beras masing2 ya) masak sampai matang


5.Sajikan dengan pelengkap


Gimana, cukup gampang kan bikin Resep Nasi Kebuli? Bunda tinggal cobain langsung nih resep nasi kebuli. Kalo kesulitan cari bahan-bahannya, Bunda bisa kok pesan bahan-bahan sesuai resep di atas di toko langganan Bunda. Atau, Bunda juga bisa pergi ke supermarket besar yang menjamin kelengkapan dan juga ketersediaan bahan-bahan untuk resep tertentu, termasuk resep Kebuli loh.

Untuk berasnya, Bunda bisa cobain beras basmati karena teksturnya yang lebih keras dibanding beras lainnya. Tapi, beras biasa juga nggak masalah kok, asal disesuaikan airnya. Nah, selamat mencoba ya Bun!

Sumber