Berlangganan

Resep Martabak Terang Bulan Super Simpel. Cukup Pake Wajan Teflon



Terang bulan atau di kenal dengan Martabak manis, salah satu nama makanan yang sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat Indonesia. Karena kepopulerannya, pedagang terang bulan pun kini beragam mulai dari terang bulan yang dijual di pinggir jalan yang menggunakan gerobak yang rasanya enak namun dengan harga yang terjangkau, hingga yang dijual di restoran atau cafe dengan tampilan mewah dengan harga yang mahal.

Terang bulan atau martabak manis saat ini ada variasi ukuran dan bentuk, ada yang besar dan ada yang mini. Keduanya dibedakan dalam proses pembuatan ketika mencetaknya saja, namun untuk teksturnya sama - sama lembut dan empuk serta rasanya sama-sama manis dan lezatt.

Oh ya ... kecuali di restoran atau cafe, penjual Terang bulan atau martabak manis biasanya berjualan hanya sore menjelang malam hari saja. Terang bulan emang enak kalo dinikmati sebagai camilan saat udara beranjak dingin sebagai teman minum kopi ataupun teh.

Nah ... saat ini pas lagi musim penghujan gini, kadang malas untuk beranjak keluar rumah sekedar hang out atau mencari cemilan teman bersantai dengan keluarga. Sebenarnya bisa saja sih kalo memanfaatkan jasa go food yang sudah siap antar kapan dan dimanapun, tapi alangkah enaknya kalo mencoba membuat terang bulan atau martabak manis ini sendiri di rumah.

Cara membuatnya cukup mudah, bahan-bahan yang di butuhkan pun gampang untuk di temukan di toko bahan kue ataupun supermarket dan dengan membuat sendiri, tentu lebih sehat dan lebih higenis dalam membuatnya, serta bisa menghemat pengeluaran juga. Topping pun bisa di kreasikan dengan ide - ide baru yang bahkan belum pernah dijual di pedagang martabak selama ini.

Berikut resep martabak simpel dan praktis dari Bunda Magdalena Sinabutar yang patut untuk di coba

Bahan-bahan :

  • 20sdm terigu
  • 5sdm gula
  • 2bks vanili
  • 1telur
  • 2sdm mentega dicairkan
  • Sejumput garam
  • 1sdt baking powder (bp)
  • 1sdt baking soda (bs )

Cara membuat :

1. Campur semua adonan kecuali mentega sama bs. terus di aduk sampe rata dikasih air secukupnya.

2. Kalau sudah rata kasih mentega cair lalu aduk lagi terus diamkan 30 menit.

3. Kemudian masukan baking soda yang sudah dilarutkan dengan 1 sendok air

4. Diaduk lagi terus siap dicetak di teflon dengan api kecil


5. Masak adonan martabak sampai matang sempurna dan bagian pinggirannya menjadi kering renyah.


6. Beri taburan parutan keju, meises, atau topping lain sesuai selera. Lalu lipat martabak jadi dua seperti di gambar.


Selamat berkreasi. Jangan lupa berbagi resep ke keluarga yang lain.

Sumber