Berlangganan

Resep Kue Talam Pandan Untuk Jualan Atau Suguhan Keluarga



Berkumpul dengan keluarga menjadi momen yang berharga tentunya ya Bunda. Apalagi jika yang berkumpul adalah saudara jauh, tentu rasanya ingin memberikan yang terbaik sebagai hidangan. Nah, Bunda ada beberapa jajanan khas daerah yang bisa disuguhkan untuk sanak keluarga. Tentunya jajanan tradisional memiliki cita rasa yang khas dan enak.

Bunda bisa kok pilih kue talam pandan sebagai suguhan. Kue talam sendiri jadi cemilan tradisional Indonesia dan gampang banget ditemukan dimana saja. Cuman, bakal lebih seru aja kalo Bunda coba bikin resep kue talam pandan yang khas dan nikmat di rumah.

Kue talam ini biasanya terbuat dari bahan baku tepung-tepungan seperti: tepung beras, tepung singkong, atau beberapa tepung yang lainnya. Nggak cuman itu, kue talam juga memiliki nilai indeks glikemik yang tinggi loh. Ada banyak sekali jenis yang dimiliki oleh kue talam, misalnya kue talam pandan, kue talam lapis ketan, kue talam durian, kue talam pisang, kue talam kentang, dan masih ada beberapa yang lainnya. Nah, karena variasinya sangat banyak, Bunda dapat memilih beberapa di antaranya, tetep aja resep kue talam pandan gampang dibikinnya dan enak untuk dimakan.

Entah dari mana kue talam berasal. Sebab, hampir di seluruh daerah rasanya tahu kue talam dan gimana membuatnya. Bunda sendiri mungkin sudah pernah merasakan mencoba kue talam. Jika sudah mencobanya, kini saatnya Bunda untuk membuat sendiri nih di rumah sebagai jajanan yang khas. Resep kue talam pandan juga tidak terlalu sulit kok Bunda.

Karena kue talam pandan menjadi salah satu jenis yang banyak disukai, maka berikut ini beberapa langkah resep kue talam pandan yang bisa Bunda coba di rumah:

Bahan – Bahan:

  • 100 gram tepung beras
  • 30 gram tepung sagu
  • 5 sdm gula (tambahkan jika suka manis)
  • ½ sdt pasta pandan
  • ¼ sdt garam
  • 260 ml santan kelentalan sedang

Lapisan kedua

  • 3 sdm tepung beras
  • 3 sdm tepung sagu
  • ½ sdt garam
  • 200 ml air

Cara Membuat:

1. Buat lapisan pertamanya, siapkan wadah, masukkan tepung beras, tepung sagu, pasta pandan, dan garam. Tuangi santan sedikit demi sedikit.


2. Aduk rata.


3. Buat adonan lapisan kedua, campur semua bahan lalu aduk rata.


4. Panaskan alat pengukus, siapkan cetakan. masukkan ¾ adonan. Kukus selama 10 menit, tuangkan yang putih dan kukus lagi selama 10 menit.


5. Angkat biarkan dingin.


6. Sajikan.


Saran Penyajian Resep Kue Talam Pandan

  • Jika sudah matang, letakkan di piring hias setelah dingin. Isi sekitar 4 kue talam pandan dalam satu piringnya.
  • Berikan guntingan daun pandan dengan bentuk huruf ‘V’ pada bagian atasnya.
  • Kue talam sudah bisa Bunda sajikan.

Itulah beberapa langkah untuk membuat resep kue talam pandan yang special untuk keluarga Bunda. Jika banyak yang suka, Bunda bisa mencoba untuk membuka peluang bisnis dengan menjual kue talam. Siapa tahu akan menjadi keuntungan untuk Bunda. Selamat mencoba Bunda, terimakasih.

Sumber