Berlangganan

Resep Bubur Lemu Sayur Terik Gurih Khas Jawa Tengah



Siapa sih yang nggak doyan makan bubur, Bun? Dari balita sampai kalangan dewasa, bubur masih jadi rajanya menu loh. Kalau Bunda tinggal di daerah Jawa, bubur juga sering disebut sebagai jenang. Nah, bubur ini memang sudah ada dari jaman dulu kala, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Bubur jadi hidangan asli Nusantara yang ada pada catatan Serat Lubdaka karangan Mpu Tanakung di zaman kerajaan Kediri.

Karena saat ini sudah dipanggil dengan nama bubur, masakan ini jadi semakin berkembang dan punya banyak jenisnya. Bunda juga pernah dong bikinin bubur untuk buah hati, atau untuk keluarga yang sedang sakit. Tapi kalo resep bubur lemu sayur terik, pernah bikin atau baru denger nih?

Bubur lemu sendiri jadi salah satu jenis dari bubur yang ada. Jika beberapa bubur biasanya memiliki rasa manis, yang ini udah beda lagi, Bunda. Bubur lemu ini rasanya gurih dan diberi beberapa toping sebagai lauk pauknya. Membuat bubur lemu untuk keluarga bisa jadi cara menambah kehangatan bareng keluarga. Sebenarnya, bubur lemu hampir sama dengan bubur sum sum yang bewarna hijau dan berkuah santan dengan hula merah.

Cuma, kalo di daerah Jawa Tengah nih Bun, bubur lemu dibuat dari beras asli, bukan dari tepung beras. Untuk memakan bubur lemu biasanya dengan opor ayam, telur, sambel goreng krecek, atau bahkan dengan sambel tumpang. Rasanya fantastis dan menagihkan, Bunda dapat mencoba membuat resep bubur lemu sayur terik yang segar.

Beras yang digunakan biasanya tipe beras white long grain puregreen  dan cocok digunakan bubur lemu sebab warnanya yang putih. Terus giman dong cara bikinnya? Nah, berikut ini ada beberapa langkah resep bubur lemu sayur terik yang bisa Bunda buat di rumah.

Bahan bubur:

  • 400 gram beras
  • 2500 ml air untuk merebus beras
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • 400 ml santan kental
  • Garam secukupnya

Bahan sayur terik:

  • 8 buah telur rebus, kupas
  • 150 gram tahu coklat
  • 400 ml santan kental (tambahkan air 400 ml)
  • 2 buah potong ayam
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 2 lembar daun salam
  • 4 buah kemiri sangrai, haluskan
  • Garam secukupnya
  • Gula putih secukupnya
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 1 buah bawang merah ukuran besar, 50 gram

Cara Membuat:

1. Siapkan bahan – bahan untuk bubur.


2. Cuci beras, masukkan ke dalam panci beri air, daun salam dan serai. Aduk – aduk sampai kental.

3. Tambahkan santan dan garam. Aduk rata, masak sampai matang. Sisihkan.


4. Siapkan bahan – bahan untuk membuat sayur terik.


5. Tumis bumbu halus, tambahkan serai, daun salam hingga harum.


6. Didihkan santan, masukkan bumbu. Telur rebus, ayam, dan tahu. Tambahkan garam dan gula. Cicipi rasanya. Aduk sampai matang, angkat.


Cara Menyajikan Resep Bubur Lemu Sayur Terik:

  • Ambil bubur lemu secukupnya pada mangkuk.
  • Kemudian berikan sayur terik dengan lauk telur, ayam, dan tahu.
  • Jika sudah, berikan hiasan dua daun kemangi agar terlihat lebih indah.
  • Jika Bunda suka bawang goreng, maka dapat diberikan juga di bagian atasnya.

Itulah beberapa langkah membuat resep bubur lemu sayur terik yang khas dari Jawa Tengah. Bubur tersebut sangat cocok digunakan untuk menu sarapan pagi hari ketika sedang berlibur Bunda. Jika berhasil membuatnya dengan rasa yang nikmat, Bunda juga bisa loh membuatnya menjadi peluang bisnis. Selamat mencoba Bunda!

Sumber