Berlangganan

Bubur Sumsum Kuah Nangka Lembut



Bubur sumsum, pasti sudah ngga asing lagi ya namanya. Makanan yang terbuat dari perpaduan antara tepung beras dan gurihnya santan, menjadikan bubur sumsum yang tak terkira rasanya begitu lembut, gurih dan ditambah dengan siraman kuah gula merah yang begitu legit menggigit melengkapi cita rasanya. Siapa saja pasti tak akan bisa menolak untuk menikmatinya.

Semangkuk bubur sumsum sudah cukup membuat sarapan pagi keluarga menjadi begitu istimewa, dan bisa membuat aktivitas pagi di mulai dengan bahagia dan menyenangkan karena perut sudah kenyang tapi tidak eneg dan begah diperut.

Sudah saatnya untuk memulai hari dengan memasak sendiri di rumah, berbekal dari resep bubur sumsum milik bunda  Fitri Sasmaya, bunda di rumah bisa menghidangkan masakan yang istimewa tersebut.

Bahan - bahan :

  • 600 ml air
  • 400 santan kekentalan sedang
  • 100 gram tepung beras
  • 1/4 sdt garam halus
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 kaleng nangka matang potong - potong ( kira - kira 8 biji nangka )

Kuah :

  • 200 ml air
  • 250 gula merah ( saya pakai gula kelapa )
  • 1 lembar daun pandan

Langkah – langkah:

1. Siapkan semua bahan


2. Buat kuahnya dulu: Taruh di panci beri air dan daun pandan


3. Panaskan sampai gula cair. Angkat dan saring. Sisihkan


4. Potong - potong nangka sesuai selera. Sisihkan


5. Siapkan panci, campur antara air dan santan.


6. Ambil 250ml campuran santan dan air lalu beri tepung beras dan garam, aduk rata. Sisihkan


7. Sisanya yang 750ml taruh di panci beri daun pandan dan masak sampai mendidih


8. Lalu tuang cairan santan yang telah dicampur dengan tepung beras aduk rata. ( Kenapa tidak saya campur dari awal, ini bertujuan untuk menghindari bubur yang bergerindil saat lupa di aduk, dengan cara ini bubur akan cepat mengental dan dijamin sangat lembut tak bergerindil sama sekali )


9. Aduk - aduk sampai meletup - letup. Matikan api


10. Sajikan


11. Siram dengan kuahnya


12. Yummy 👌👌😋😋


Gimana bunda? Tak menyangka ternyata gampang dan cepat banget kan. Semoga memasak menjadi hal yang begitu menyenangkan. Kalo bisa di buat sendiri di rumah, kenapa harus membelinya. Dengan membuat sendiri akan tahu kualitas bahan – bahan yang digunakan, juga sudah terjamin higienis dan lebih menghemat pengeluaran keluarga. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk selalu berbagi.

Sumber