Berlangganan

Tips dan Resep Puding Ubi Ungu Yang Fresh dan Tidak Lembek



Kalau ditanya salah satu menu yang selalu ada di setiap acara keluarga, mungkin beberapa orang jawabannya sama, yaitu puding. Rasanya yang manis dan segar serta teksturnya yang lembut membuat puding ini menjadi makanan penutup kesukaan banyak orang.

Nah... Ubi ungu dapat dikreasikan menjadi berbagai makanan yang enak dan cantik. Mulai dari keripik, brownies hingga puding ubi ungu ini. Puding sangat mudah untuk dibuat karena sekarang banyak sekali puding instan aneka rasa yang banyak dijual di pasaran.

Namun sayang, teksturnya yang mengandung banyak air kadang membuat puding sering jadi lembek dan berair, oleh karena itu mesti ada tips agar puding tetap fresh dan cantik sepanjang hari. Caranya yaitu dengan mengurangi takaran air, biarkan puding dingin dengan sendirinya atau agar puding lebih cepat mengeras, rendam cetakan puding di dalam air dingin atau air es, terus hindari menyimpan puding terlalu lama di kulkas.

Masih ada tips yang lain seputaran puding lho, agar puding mudah dikeluarkan dari cetakan ternyata ada triknya caranya basahi cetakan dengan air, dan kalo lapisan bawah puding agar tidak jebol dan bercampur caranya gunakan sendok untuk menuang lapisan puding.

Yuk... Sekarang kembali lagi ke resep ya, gimana cara membuat puding yang fresh dan ngga cepat berair, berikut tahap – tahapnya. Simak langsung aja

Bahan-bahan :

  • 390 gr ubi ungu 
  • 1 bks agar swallow globe putih
  • 4 gelas santan
  • 6 sdm gula pasir
  • 1 bks SKM putih
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili

Langkah – langkah :

  1. Siapkan semua bahan, kupas ubi ungu lalu rebus sampai empuk.
  2. Setelah matang angkat
  3. Hancurkan dengan garpu, ga usah terlalu halus lalu masukkan ke bel blender + 1,5 gelas santan, blender sampai halus lalu matikan blender tambahin lagi 1/2 gelas santan blender lagi biar seratnya benar - benar halus karena saya masak semuanya ga pake saringan.
  4. Sisa 2 gelas santan masukkan ke panci + agar, gula aduk rata supaya tepung agarnya tidak menggumpal.
  5. Lalu tuangi ubi yang diblender tadi ke panci yang ada santannya
  6. Lalu tambahkan garam dan vanili masak sampai mendidih sambil di aduk – aduk. Setelah matang angkat dan tuangkan SKM aduk lagi, siapkan cetakan.
  7. Cetakan berikutnya
  8. Tunggu sampai mengeras dan dingin atau masukin kulkas biar cepet 
  9. Taraaaa! puding sudah jadi dan siap disantap deh 😀😀

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! Jangan lupa cerita dan share resep puding ubi ungu ini ke teman arisan, keluarga atau ke kerabat yang lainnya.

Sumber