Berlangganan

Resep Tempe Bacem. Manis dan Legit!



Tempe seakan - akan ngga bisa lepas dari orang Indonesia dan ini emang jadi makanan khas Indonesia, susah rasanya untuk bisa lepas ataupun mengurangi kebutuhan tempe ini, buktinya tahun 2015 kemaren kita pernah mengalami kelangkaan kedelai, susah cari kedelai untuk bahan membuat tempe, kalaupun ada harganya mahal, sehingga para pedagang banyak yang bangkrut berhenti memproduksi tempe, mereka masih bertahan berjualan tempe, harganya mahal dan porsi-nya diperkecil.

Tempe emang praktis untuk diolah dengan cara apa aja, digoreng, disayur pakai santan, dibakar juga enak. Emang enak tempe di bacem? hmm...belum coba ya? Berbicara tentang bacem, bacem termasuk makanan favorit keluarga Indonesia. membacem itu sendiri dalam kamus besar bahasa Indonesia artinya merendam dengan bumbu dan merebusnya dalam tempat yang tertutup sampai airnya habis. Bacem selain rasanya sangat enak, menu ini cocok disajikan bersama lauk apa aja dan nasi hangat yang masih mengepulkan asap serta sambal. Hmmmm...yummi.

Ngomong – ngomong Ternyata ada tips khususnya lho untuk membuat tempe bacem agar bumbunya bisa meresap dengan sempurna dan rasanya enak. Mau tahu tipsnya, berikut rahasianya pilih tempe dengan tekstur cukup padat dan masih baru, saat merebus bacem gunakan api kecil aja agar masakan bacem matang lebih sempurna dan ngga mudah gosong serta membantu bumbu meresap dengan sempurna, jangan lupa untuk menutup panci agar air ngga cepat menguap, serta pastikan untuk menggunakan bumbu yang masih segar dan baru.

Nah sekarang bisa dicoba membuat tempe bacem yang lezatnya berbekal resep dari bunda Fitri Sasmaya ini, dijamin maknyusss.

Bahan-bahan :

  • 2 papan tempe (400 gram)
  • 1000 ml air
  • 50 gram gula merah
  • Secukupnya garam
  • 3 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • Secukupnya kecap manis
  • 1 sdm ketumbar halus
  • Bumbu iris :
  • 7 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Secukupnya Minyak, untuk mengoreng

Langkah – langkah :

1. Siapkan bahan bahan dan cuci sampai bersih



2. Potong-potong tempe dengan ukuran dan ketebalan sesuai dengan selera. Sebaiknya tidak terlalu tebal atau tipis.



3. Siapkan wajan beri air masukkan semua bahan dan bumbu biarkan meresep dan air habis. Angkat.



4. Goreng dengan minyak panas api sedang, sebentar saja. Angkat. Sajikan



5. Tempe bacem yang sudah matang bisa dijadikan lauk bersama sayuran lain seperti sayur bayam, oseng kacang panjang atau gudeg. Kalau saya lebih suka digoreng agak gosong dikit terus dimakan langsung bersama nasi hangat. Enak!



6. Dimakan langusng dengan cabe rawit hijau juga enak bun, yummy..!



Oh ya ... sebenarnya tanpa digoreng pun tempe bacem udah enak dan siap untuk dimakan, karena itu udah jadi tempe bacem tapi tergantung selera masing – masing ya bunda.  Dan kalo ingin menggoreng tempe bacem, saat menggoreng usahakan untuk menggunakan minyak yang masih baru.
Semoga resep ini bermanfaat dan selamat encoba serta jangan lupa untuk share resep beserta hasilnya ke teman atau keluarga ya :)

Sumber