Berlangganan

Resep Telor Ceplok Kecap. Untuk Sarapan Yang Gampang dan praktis (y)



Sebagai seorang ibu rumah tangga memang harus extra cerdas ya dalam membagi waktu agar efisien dan kreatif membuat yang biasa jadi luar biasa,  tentunya perlu pintar – pintar memilih menu untuk makan keluarga.  Seperti hal sarapan pagi buat suami dan anak-anak  bagaimana menyiapkan yang gampang, cepat , enak dan bahannya simple aja ya.

Dari jaman kecil suka banget telor ceplok dikecapin, tapi ya kadang ada bosennya soalnya ya dari dulu ibu buat nya standar saja. Nah dari resep bunda Kadek Anita sepertinya bisa untuk dijadikan referensi ini. Sama sih telur ceplok kecap, hanya saja tidak monoton dalam pengolahannya, semua anggota keluarga pasti menyukainya,  kalo buat anak kecil gak usah dikasih cabe ya pakai bawang aja udah sedep kok, takut nya kepedesan jadi kapok deh. Kalau saya cabe wajib, karena sudah holic cabe dari kecil.

Bahan - bahannya sederhana sih, hampir standar di dapur bunda pasti ada. Kalau untuk telur bisa menggunakan semua jenis telur, kalau saya merekomendasi telur ayam kampung atau telur bebek karena kandungan proteinnya lebih tinggi, warna kuning telurnya juga lebih cerah. Mari bunda langsung kita simak cara membuatnya dan bahan – bahan yang di butuhkan ya

Bahan bahan :

  • 3 btr telur
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 btg daun bawang
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • 1/2 sdt garam, gula pasir, kaldu bubuk
  •  Air
  •  Cabe (seperlunya saja)

Langkah – langkah :

  1. Goreng ceplok telur terlebih dahulu, sisihkan. Iris tipis bawang putih, bawang merah, daun   bawang dan cabe.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  3. Kemudian masukkan air, kecap asin dan kecap manis, aduk rata.
  4. Lalu masukkan telor ceplok biarkan sebentar supaya bumbu meresap.
  5. Masukkan garam, gula pasir dan kaldu bubuk, koreksi rasa.
  6. Ketika sudah matang tambahkan potongan daun bawang, aduk rata. Telor ceplok kecap siap dihidangkan.

Bagaimana bunda, mudah bukan membuat sebuah telor ceplok menjadi sajian yang berbeda dan lebih lezat. Simpan baik - baik resep nya bunda supaya makin kaya ragam olahan memasak telur. Share yuk kalau bunda sudah mencoba, apalagi berhasil membuat telor ceplok kecap atau membuat modifikasi menunya,  jangan lupa juga ya beritahukan resep ini ke teman – teman, bunda.

Sumber