Berlangganan

Resep Takoyaki Homemade. Lebih Hemat, Lebih Enak



Pengen cemilan yang ala – ala jepang gitu, sepertinya waktu yang pas untuk menikmati cemilan yang gurih, manis, pedas gitu ya. Ngga ada salahnya kalo menikmati Takoyaki. Oh ya cerita sedikit tentang asal usul takoyaki, Takoyaki adalah makanan khas dari negeri Sakura Jepang tepatnya berasal dari kota Osaka. Di Jepang, Takoyaki ternyata terbuat dari adonan tepung terigu dan diisi dengan potongan gurita didalamnya.

Arti takoyaki sendiri ternyata, tako berarti gurita sedangkan yaki berarti bakar, sehingga takoyaki berarti potongan daging gurita yang dibungkus dengan bola-bola adonan tepung kemudian dimasak dengan cara dipanggang. tapi, seiring perkembangan jaman, isian dari takoyaki mulai banyak variasinya dari Keju sampai Daging Asap. Takoyaki enak dan nikmat kalo disantap bersama dengan saus mayonnaise dan saus khusus untuk takoyaki, terus di atasnya ditaburi katsuobushi (ikan serut asap).

Nah kalo pengen bikin takoyaki sendiri dirumah, gampang kok, bahannyapun saat ini sudah mudah ditemukan di supermarket tanpa repot harus memesan dari jepang. Oiya biaya per porsi takoyaki antara beli dan bikin sendiri itu jauh banget lho bun. Kalau beli 1 porsi isi 5 biasanya kena 10-15 ribu rupiah. Padahal kalau bikin sendiri cuma sekitar 2 ribu Rupiah aja lho!
Kalo sudah penasaran dengan cara pembuatan dan bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat takoyaki, langsung simak resep dari Bunda Maya berikut ini:

Siapkan bahan-bahan:
Terigu 500gr + garam 2sdm + royko 2 saset ayam, 1 saset sapi + lada putih, bon cabe, lada hitam masing - masing ujung sdm + daun bawang cincang , aduk rata.

Cara Membuat:

  1. Air es 100ml mix dengan 2 telor + 1 susu kental manis+  gula 2 sdm
  2. Campur tepung dan campuran air diatas aduk - aduk dengan whisker tambahkan air kurleb 1liter (saya gak takar percis berapa tepatnya cuma sampe adonan cair tapi ngikat dan tinggi 2x lipat dari banyaknya tepung diawal)
  3. Untuk isian biasa octopus, tapi maya pake stock yang dirumah aja. iris crab dan sosis yang sudah digoreng setengah matang + irisan keju dadu
  4. Siap dimasak
  5. Siapkan loyang takoyaki (teflon banyak di supermarket atw online) , olesi dengan mentega dan minyak sayur
  6. Pastikan api kompor paling kecil
  7. Masukkan adonan rata bulatan masukkan isian tadi, lalu miringkan dengan 2 sendok kecil dan siram kembali adonan hingga membentuk bulatan (detail cek video di youtube pembuatan takoyaki)
  8. Siram kembali minyak sayur ke sekeliling tako , bolak balik masak hingga kecoklatan
  9. Siapkan topping
  10. Siapkan takoyaki di piring lalu siram dengan saos takoyaki atw bisa juga kuah teriyaki ada stock dirumah, dan mayones + saos tomat + sambal
  11. Lalu taburi katsuobushi dan aonori (nah takoyaki ga lengkp tanpa 2 taburan ini tapi harus beli di toko bahan - bahan jepang yang halal ya)
  12. Takoyaki siap di santap, Selamat mencoba

Pastinya gampang dan ngga ribet kan? para pecinta Food Japanasse silahkan langsung mencoba masakan cemilan Takoyaki yang satu ini, jangan lupa like dan share resep berikut ya. Semoga bermanfaat :)