Berlangganan

Resep Pie Susu Ala Indi. Berkat Resep Ini, Orderan Bunda Indi Jadi Laris Manis!



Pie susu emang favorit banget jadi oleh - oleh ya kalo lagi jalan – jalan ke bali. Tapi sekarang bisa kok bisa buat sendiri, Untuk rasa crust terbaik sebaiknya gunakan mentega dibandingkan margarine. Rasa mentega yang milky membuatnya terasa mewah dan pas bersanding dengan adonan isi yang lezat.  Resep ala moms Indry Hapsari akan membantu buibu mendapat hasil pie yang renyah dan gurih kulitnya, dipadukan isian yang lezat. Cocok untuk teman bersantai di sore hari. Yuk langsung di simak

Bahan Kulit Pie :

  • 200 gr tep terigu protein sedang/rendah
  • 25 gr susu bubuk full cream (boleh skip)
  • 100 gr butter, bekukan dalam lemari es (bukan di freezer ya)
  • Bisa pakai margarine atau mix keduanya
  • 1-2 sdm air es

Bahan Isi :

  • 100 ml susu kental manis putih (kalo suka manis bisa ditambah)
  • 100 ml susu cair plain
  • 2 butir kuning telur ayam (kalo bisa yang kuningnya orange)
  • 1 sdt tepung custard (bisa ganti maizena)
  • 1/4 sdt vanilla ekstrak

Langkah – langkah :

  1. Campur rata tepung terigu, susu bubuk. Lalu masukan butter/margarine dingin, campur rata menggunakan pisau pastry atau sendok kayu sampai menjadi adonan berbutir. (jangan pakai telapak tangan ya, karena panas tubuh bisa bikin butternya leleh dan adonan jadi keras). Kemudian masukan air es campur rata kembali, Padatkan/bulatkan adonan, bungkus plastik. Lalu simpan dalam lemari pendingin selama 30 menit.
  2. Sambil menunggu adonan kulit dilemari pendingin, buat adonan isinya. Campur rata semua bahan isi, aduk perlahan menggunakan whisk lalu saring, tuang dalam teko takar, sisihkan.
  3. Keluarkan adonan dari lemari pendingin, lalu bagi adonan sama rata sebanyak 20 bulatan. Kemudian ratakan adonan kedalam loyang pie (ga usah oles margarine ya loyangnya, gampang lepas kok).Tusuk-tusuk bagian bawahnya dengan garpu (supaya tidak menggelembung saat dipanggang). Lalu tuang adonan isi secukupnya. Bisa polos atau diberi topping parutan keju, almond keping dll.
  4. Panggang dalam oven suhu 150-160 dercel (kenali oven masing-masing karena tiap oven lain karakternya, api jangan besar, supaya filling ga meletup - meletup jadi bikin permukaannya kurang cantik) yang sudah dipanaskan sebelumnya sampai matang (kulit berwarna coklat keemasan dan filling kekuningan). Angkat, dinginkan. Bisa juga diberi topping setelah matang.
  5. Siap disajikan sebagai teman minum teh/kopi. Yummy, empuk, ngeprull, lumer dimulut 😍👌👍. Aaah senengnyaaa
  6. Alhamdulillah sering dapet orderan pie ini dengan topping keju/coklat.

Well, tidak ada yang sulit dalam pembuatan pie ini, jadi yuk segera mencobanya. Jangan lupa share ke saudara yang lain ya moms. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama :)

Sumber