Berlangganan

Resep Mie Hijau Homemade. Sehat dan Unik!



Mau resep yang beda dan unik , yuk bunda tengok ini dari hasil tulisan bunda Daffa (Dian R). Percobaan perdana bikin mie sendiri, alhamdulillah bisa di bilang sukses, abang daffa sukaa banget. Sebenarnya berawal dari kekhawatiran bunda dian R tentang makanan yang di konsumsi buah hatinya, Saat makan mie suka khawatir kalo beli diluar apalagi mie instan kandungan bahan pengawet nya atau pemakaian penyedap rasa yang over. Kalau sekarang kita bisa bikin sendiri ya bunda untuk buah hati kita, Insyaallah pasti udah terjamin kesehatan nya, gak khawatir lagi deh.

Yuk bunda kita coba Mie Hijau ala Bunda Daffa ini.

Bahan-bahan

  • 150 gr sawi ( daun nya aja,cuci bersih, potong – potong )
  • 150 ml air putih
  • 1 butir telur bebek/ayam
  • 1-2 sdm garam
  • 500 gr terigu protein tinggi (saya cakra kembar)

Langkah – langkah :

  1. Blender sampai halus sawi dan air
  2. Setelah halus saring
  3. Pecahkan telur, tambahkan jus sawi yang telah di saring tadi sampai 200 ml tambahkan garam aduk sampai rata
  4. Masukan campuran jus sawi dan telur ke tepung aduk rata, lalu uleni pakai tangan sampai Kalis... Jika belum Kalis tambahkan 50 ml jus sawi sisanya.. Uleni lagi sampai Kalis..
  5. Diamkan adonan... Selama 15 menit tutup menggunakan kain lembab / saya pakai plastik wrap
  6. Setelah di diamkan.. Potong adonan menjadi 6 bagian, lalu giling
  7. Giling adonan sampai ketebalan yang di inginkan.. Sesekali olesi tepung tapioka pada saat menggiling agar tidak lengket
  8. Giling lagi di gilingan pisau, hingga berbentuk mie..
  9. Oke mie nya udah jadi deh... untuk stock bisa di simpan di kulkas ya masukan ke wadah yang kedap udara.. Kata yang pernah coba bisa tahan sampai 1 minggu lebih dari itu saya gatau.. Itu katanya loh ya karena saya belum coba... Hehe dirumah pada suka mie jadi paling 2 hari juga langsung habis.. Untuk sayuran bisa di ganti yang lain ya sesuai selera aja 😊

Selamat mencoba, ngga susah kan buat nya. Hati - hati loh nanti ketagihan untuk bikin mie hijau sendiri, he he he... karena sehat dan kaya kandungan serat sayuran. Atau malah bunda ingin membuat modifikasi model lain? Sebelumnya bunda jangan lupa ya share resep nya ke teman saudara dan tetangga semoga bermanfaat.

Sumber