Berlangganan

Resep Galopuong Ondam (Klepon Rendam Santan). Enak Pake Banget!



Dilihat dari namanya, begitu unik dan menggugah selera banget sih ya. Ternyata kue ini adalah salah satu kue tradisional khas Melayu, tepatnya berasal dari Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.  Di daerah Sumatera Barat jajanan ini disebut onde-onde, dan di beberapa daerah di Riau menyebut kue ini dengan sebutan kue Malaka, kue ini ternyata salah satu jajanan khas Kampar yang dijual pada setiap bulan suci Ramadhan. Bagi masyarakat Kampar tradisi menyediakan menu buka puasa khas daerahnya hingga saat ini masih tetap menjadi budaya, di tengah  maraknya makanan instan cepat saji, ngga melunturkan kecintaan masyarakat pada jajanan tradisional daerah mereka tersebut. Kerenn bangett kan bunda? Untuk penyajian Galopuong Ondam ini direndam dengan adonan santan dan sedikit tepung, sehingga terlihat kayak kue yang terendam.

Ada salah satu tempat berjualan Galopuong Ondam yang terkenal di kampar, yaitu terletak di daerah Bangkinang Kota tepatnya di Jalan DI Panjaitan Bangkinang Kota, penjualnya adalah seorang wanita cantik bernama Pera Oktavia. Setiap porsi khas Galopuong Ondam dipatok dengan harga jual Rp10 ribu. Cukup murah meriah juga ya.

Dan saat ini kue Galopuong Ondam lagi rame banget berseliweran dimedia sosial facebook, kalo penasaran banget untuk mencicipi kenikmatannya, coba bikin sendiri aja dirumah, caanya mudah, bahannya ngga ribet dan rasanya enak pakai banget,  ada resep yang recommended banget untuk dicoba, resep ala Bunda Mia ayu yolanda ini patut untuk dicoba, bunda mia ayu yolanda membuat kue ini untuk jualan loh, hayoo siapa yang kepengen punya penghasilan tambahan juga. Cocok banget ketemu resep ini kan ya. Bisa dapat penghasilan tambahan plus melestarikan makanan tradisional. Sippp dech ! Yuk resepnya mari direcook dijamin ketagihan.

Bahan-bahan :

  • 500 gram tepung ketan putih
  • secukupnya Air
  • sejumput Garam
  • 1 butir Kelapa Diambil pati santannya
  • Secukupnya Gula merah untuk isian seberapa
  • 2 lembar Daun pandan

Langkah – langkah :

  1. Pertama ambil mangkok/wadah masukkan tepung ketan lalu campur dengan air sedikit demi sedikit sampai bisa dibentuk bulatan.
  2. Bulatkan adonan dan isi dengan gula merah.
  3. Siap kan dandang. Masukkan pati santan dan garam aduk rata.
  4. Masukkan adonan kedalam rebusan pati santan.
  5. Jangan lupa dikasih daun pandan biar harum ya bunda. Tunggu sampai kurleb 10 menitan 😊😊
  6. Daaaann jadiii deeehh 😄😄

selamat mencoba, jangan lupa like dan share resepnya ya bunda, silahkan berkreasi dengan resep kue tradisonal yang lainnya :)

Sumber