Berlangganan

Resep Es Cincau Susu Gula Jawa



Di musim panca roba seperti sekarang ini tidak jelas ini kapan hujan kapan panas. Beberapa hari hujan berturut turut, kemudian beberapa hari kemudian siang hari panas terik sekali tetapi malam nya tetap hujan. Kalau siang panas terik bawaannya minum yang segar - segar buat pelega dahaga.

Kadang juga kalau mau singgah ke tempat jual es sudah males, belum lagi nanti harus bermacet - macet di jalan keburu meleleh es nya, kalau pun di makan di tempat pulang nya panas lagi. Jadi paling enak kalau kita buat sendiri yang seger – seger di rumah. Es cincau susu gula jawa resep dari bunda Kadek Anita ini kita buktikan yuk bunda

Bahan bahan :

  • 1 kotak cincau hitam
  • 200 ml susu kental manis
  • 1 blok gula jawa
  • 1 lbr daun pandan (bisa skip)
  • Air

Langkah – langkah :

  1. Siapkan bahan, (bisa menggunakan gula aren tapi bisa juga dengan gula jawa biasa)
  2. Panaskan secukupnya air kemudian larutkan gula jawa. Setelah larut diamkan sampai dingin. Jadi kuah/ sirup gula jawa
  3. Parut memanjang cincau. Bisa juga potong kotak sesuai selera masing - masing.
  4. Bikin cairan susu kental manis, banyaknya susu sesuai selera. Saya suka yang kental jadi banyak menuangkan susu kental manisnya.
  5. Kemudian masukkan cincau dalam gelas.
  6. Lalu penuhi gelas dengan sirup gula jawa tadi. Tambahkan es batu atau bisa disimpan dalam lemari es. Es cincau susu gula jawa siap dihidangkan siang - siang.

Kalau merasakan hasil segar nya es cincau susu gula jawa ini sepertinya mulai sekarang bunda harus selalu siapkan cincau dan gula jawa. Kalau sewaktu waktu mau bikin yang seger - seger tinggal buka lemari es.




Bisa buat es Sesuai dengan selera, bahan baku juga kita tahu kualitas nya. Dan pastinya gak takut dengan pengawet buatan atau pewarna buatan makanan yang melebihi batas pemakaian. oh iya kalaupun hari hujan masih tetap bisa kok resep nya di buat tinggal di modifikasi saja misalkan kurangi jumlah es batu nya biar gak dingin banget.

Mudah, praktis dan tentunya bikin segar di tenggorokan, bunda atau suami dan anak mau tambah lagi tinggal racik di gelas. Nah kalau sudah di coba bunda, yuk share ke teman – teman.

Sumber