Berlangganan

Resep Bolu Pandan Kukus Sederhana



Dari resep bunda vivi, Pertama kalinya bikin dan ternyataa lembut wangi pokoknya enak banget jadi ketagihaan, kalau ngomongin bolu, hmm... banyak banget ragamnya ya, dan selalu nikmat disantap sambil santai minum teh. Bolu kukus adalah makanan dalam kelompok macam kue yang terbuat dengan cara dikukus. Bolu kukus tersebut mempunyai bentuk yang cukup unik dan empuk serta lembut juga, cocok sekali saat akan masuk di mulut kita.

Makanan ini sesuai kalau dikonsumsi oleh semua orang. Banyak diantaranya yaitu keluarga kita sendiri yang memang senang dengan kue semacam ini , tetapi cukup banyak pula yang menjadi peminatnya. Bolu kukus kali ini yang akan kita bagikan untuk di coba dengan warna hijau pandan yang cerah segar jadinya membuat kue ini terasa spesial dimata keluarga bunda sekalian.

Selain wangi harum pandan sendiri, banyak manfaatnya loh diantaranya manfaat dan Fungsi Pandan Untuk Kesehatan, Daun pandan yang sering kita gunakan dalam memasak, baik sebagai pengharum masakan, atau diolah lagi daunnya. Ternyata banyak mengandung manfaat, terutama bagi kesehatan. Pandan wangi memiliki nama latin (Pandanus amaryllifolius Roxb). Daun pandan merupakan daun tunggal duduk dengan pengkal memeluk batang dan biasanya tersusun tiga helai pada batang secara spiral.  Diantaranya dirangkum saja ya bunda , salah satunya Mengobati Rematik, Mengobati Pegal Linu, Mengobati Lemah Saraf, Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Menambah Nafsu Makan.

Nah ketika di padu dengan Bolu yang terbuat dengan metode cara dikukus itu biasanya pas matang teksturnya menjadi lembut dan empuk, nikmat kan di cemil. Yuk bunda kita lihat resep nya.

Bahan-bahan :

  • 10 potong
  • 50 gr tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 50 gr gula putih
  • 1 sachet susu bubuk
  • 1/4 sdt bp
  • 1 sdt pasta pandan
  • 60 ml mentega cair
  • 1 sachet vanili
  • Keju untuk toping

Langkah – langkah :

1. Mixer telur gula dan sp kecepatan sedang sampai putih berjejak..



2. Masukan tepung sedikit demi sedikit sambil di ayak supaya halus, masukan juga bp dan susu bubuk.. masih di mixer yaa kecepatan rendah..

3. Masukan mentega cair, vanili aduk menggunakan spatula, terakhir masukan pasta pandan nya..



4. Loyang di beri mentega dan tapung terigu supaya tidak lengket, jangan lupa tutup panci menggunakan serbet supaya tidak menetes ke adonan, kukus selama 25 menit setelah itu beri toping sesuai selera..



Bagaimana bunda jangan lupa share hasilnya dan resepnya ya, selamat mencoba. Happy cooking.

Sumber : https://cookpad.com/id/resep/3812910-bolu-pandan-kukus-%F0%9F%91%8C