Berlangganan

Resep Bolu Kojo / Bolu Kemojo Khas Palembang. Manis dan Legit!



Kue Bolu Kojo adalah kue Khas dari Palembang. Bolu ini juga disebut kue kojo atau lapis kojo atau kue koja atau bolu kemojo warna ijo dengan rasa manis legit Sederhana Lembut dan Empuk Spesial Asli Enak. dan dikenal masaknya bisa dengan cara dipanggang disebut bolu kojo panggang maupun dikukus disebut bolu kojo kukus.

Kalau di Garut namanya bolu koja khas Garut berwarna kuning begitu juga dengan bolu koja Bandung, Solo, dll. Bolu koja Garut lebih hemat dan bahan lainnya lebih hemat dan ekonomis serta harganya bisa lebih murah meriah apalagi dengan membuat kue bolu kojo mini ukuran kecil. Kalau untuk warna dibuat tanpa pandan nanti warnanya tidak hijau melainkan menjadi warna kuning.

Makanan yang biasa di sajikan sebagai sebagai sarapan pagi ataupun teman minum teh saat sore hari sangat menggugah selera dengan rasa manisnya. Memang ciri khas dari kue bolu ini rasanya yanga teramat manis sekali karena penggunaan komposisi gula yang banyak terkadang menggunakan susu kental manis yang lezat.

Sepertinya bolu kojo ini mempunyai banyak aneka kreasi dan variasi olahan,  resep yang sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan yang simple mudah dan praktis. Langkah - langkah anti gagal untuk konsumsi di rumah atau bekal anak kesekolah. Yuk moms dari resep moms wiwit kumala kita lihat bahan - bahan yang di butuhkan.

Bahan – bahan :

  • 250 g tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 400 ml santan kental + jus pandan
  • 100 g gula pasir
  • 50 g mentega
  • 1/4 sdt garam

Langkah – langkah :

  1. Masak santan, mentega dan garam hingga mentega leleh dinginkan
  2. Di dalam wadah lain kocok telur dan gula sebentar hanya sampai gula larut
  3. Tuang ke dalam larutan santan aduk rata
  4. Tambahkan tepung sedikit aduk hingga rata lalu saring adonan
  5. Tuang ke dalam cetakan 18 cm yang sudah diolesi mentega
  6. Panggang 45-60 menit 180 dc

Selamat menikmati Bolu Kojo/ Bolu Kemojo!

Cara penyajian kue ini adalah dengan membawanya utuh ke hadapan tamu, lalu diris secara tipis-tipis, kira-kira sekitar 1 cm. Tipisnya irisan ini dikarenakan rasa kue ini sangat manis sekali bukannya pelit, sehingga memakannya dengan sedikit saja sudah sangat cukup.
Mudah dan praktis kan? Selamat mencoba. Jangan lupa share ke saudara dan kerabat yang lain ya moms. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama.

Sumber