Berlangganan

Resep Bolu Jadul Kering. Kue Kenangan Masa Kecil



Bolu Jadul, begitu biasa orang menyebutnya karena bolu ini sudah ada sejak lama dan sudah sejak dulu kala. Dari beberapa sumber katanya kue Bolu ini sangat populer ditahun 1960an. Bolu ini bentuknya bermacam-macam, ada yang berbentuk ikan, oval, ataupun bentuk bunga. Bolu ini ternyata masuk jajaran salah satu kue khas. Tekstur bolu ini agak kasar (karena bolu ini ngga mengandung butter / margarin), tapi super enak dan punya wangi yang sangat khas. Rasanya yang light dan bentuknya yang kecil membuatnya pas untuk dijadikan cemilan.

Nah kalo ada yang lagi kangen masa – masa dulu dan ingin ber nostalgia, yuk bikin bolu jadul kering ini pakai resep ala bunda Fitri Sasmaya. Dijamin langsung bisa terbayarkan dan rasanya sesuai selera ya. Yuk simak dan catat bahan – bahan serta cara membuatnya, biar bisa langsung dipraktekkan.

Bahan-bahan :

  • 2 butir Telur
  • 100 gram Terigu Kunci/Serbaguna
  • 75 gram Gula Pasir
  • 1 sdt Vanilla ekstrak
  • 1 sdt pasta coklat (skip)
  • Secukupnya almond keping di remas - remas, sebagai taburan ( tambahan saya )

Langkah – langkah :

1. Siapkan semua bahan



2. Siapkan cup cupcake ukuran paling kecil, jika tidak ada pakai cetakan pie ya oles dulu dengan margarin lalu tabur tepung



3. Masukkan telur gula dan vanilla ke dalam mixer



4. Mixer sampai mengembang kental dan berjejak



5. Tambahkan tepung terigu yang sudah di ayak sebelumnya, mixer dengan kecepatan rendah sampai rata



6. Ambil adonan dengan scoop ice cream ( resep asli dimasukkan piping bag, potong ujung nya lalu tuang di cetakan pie)



7. Masukkan ke dalam cup - cup tadi. Beri taburan almond. Saya sebagian loyang cupcake mini. Tapi sebagian saya taruh di atas loyang cookies.



8. Pangang di suhu 180 dercel sekitar 25 - 30 menit atau sampai matang



9. Saya juga pernah bikin satu resep full dan saya cetak di cup cupcake besar. Ini kurang kering seperti yang ukuran mini. Jadi saya sarankan tetap pakai cetakan yang kecil



Sangat nikmat bila disantap dengan secangkir teh ataupun kopi hangat. Selamat mencoba dan jangan pernah bosan untuk berbagi ke saudara ataupun kerabat yang lainnya :)

Sumber